Pasca Hasil Pilkada, Amien Rais Makin Optimis Ganti Presiden: "Yang Kita Hadapi Ini Enteng"


[PORTAL-ISLAM.ID] Politisi senior Amien Rais melihat kondisi Indonesia saat ini sejak Reformasi 1998 tidaklah menjadi lebih baik. Kemunduran di berbagai lini justru terjadi dan semakin parah di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo saat ini.

"Jadi negeri ini sudah tinggal nature of substep. Karena itu, ini kemerosotan yang sudah demikian luas kita tahan untuk kita balik dengan kekuatan demokrasi dan kekuatan rakyat Indonesia," katanya dalam Halal Bihalal Keluarga Besar Universitas Bung Karno (UBK) di Jakarta, Jumat (29/6).

Amien mengingatkan bahwa rezim yang berkuasa saat ini amat mudah untuk diganti, terdekat melalui ajang Pilpres 2019. Namun, perlu diwaspadai adalah kekuatan besar di balik rezim yang selama ini punya kepentingan.

"Yang kita hadapi ini enteng, ini cuma agen. Yang kuat ini yang gajah dan jalur di belakangnya, yang di depan ini enteng, teng, teng. Cuma kita harus bersatu," jelas ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Menurut Amien, hasil sementara Pilkada Serentak 2018 juga menunjukkan bahwa kesempatan untuk mengganti pemimpin nasional tahun depan semakin terbuka.

"Jadi, kalau melihat pilkada kemarin itu yang berpikir betul itu melihat bahwa ganti presiden itu makin terbuka," tegas Amien yang juga salah satu tokoh Reformasi.
 
Selain Amien, Halal Bihalal Keluarga Besar UBK juga dihadiri antara lain Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, ekonom senior Indonesia DR Rizal Ramli, serta tokoh nasional yang juga Ketua Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) Rachmawati Soekarnoputri. [RMOL]