NGERI! Dollar Hampir Tembus 15 Ribu, Industri Nasional Bakal Kolaps?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus melemah. Jumat 6 Juli 2018 lalu dibuka pada level Rp 14.402 per dolar AS.

Menurut Idrus, nilai tukar rupiah melemah bukan semata karena persaingan dagang antara Amerika dengan Tiongkok dan Uni Eropa, namun juga disebabkan faktor internal. Karena itu, lanjut dia, presiden harus segera bertindak  mengeluarkan kebijakan penyelamatan rupiah.

Lebih lanjut Idrus mengatakan jika nilai tukar rupiah menembus Rp 15 ribu, maka perekonomian Indonesia semakin terpuruk. Pasalnya, Industri Indonesia banyak tergantung bahan baku impor.

"Semoga hal ini tidak terjadi, nilai tukar bisa kembali menguat. Industri kita didominasi foot loose ondustry yang mengandalkan bahan baku impor. Kalau nilai tukar terus melemah, industri kita akan kolaps," kata Idrus.

Idrus pun mengimbau agar masyarakat tidak memborong dolar dan memiliki kepedulian terhadap kondisi perekonomian Indonesia.

"Peran serta masyarakat khususnya kalangan elite diharapkan agar melakukan aksi nyata keprihatinan atas kondisi ekonomi kita. Dan jangan sampai sebaliknya, (yaitu) memborong dolar," kata Idrus.

Sumber: RMOL
Baca juga :