Mobil Neno Warisman Terbakar Sendiri? Ahli Otomotif: Aneh, Kecil Kemungkinan Terbakar Dalam Kondisi Mati


[PORTAL-ISLAM.ID] Mobil Neno Warisman mendadak terbakar saat terparkir di depan rumahnya di kawasan Cimanggis, Depok, Rabu (18/7/2018) sekitar pukul 24.00.

Dugaan awal mobil itu sengaja diledakan oleh seseorang. Namun, berdasarkan hasil penelusuran kepolisian mobil Xenia kepunyaan Neno itu terbakar lantaran ada korsleting pada bagian akinya.

"Kami cek mobil, hasil identifikasi bengkel kebakaran dipicu aki korsleting, kabel yang positif aki nempel di body (badan) mobil," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono.

Lantas, apakah memang secara teknis mobil saat keadaan 'mati' bisa secara tiba-tiba terbakar? Insiden kebakaran biasanya terjadi saat mobil menyala atau tengah dikendarai.

Menyikapi itu Kepala Teknik Plaza Toyota Adit menyampaikan bahwa pada dasarnya kabel positif di aki menempel pada bodi kendaraan memang dapat membuat mobil terbakar. Walaupun posisi konci kontak dalam keadaan mati.

Namun, hal tersebut kecil kemungkinannya. Menurut dia yang harus dipertanyakan adalah bagaimana kabel itu dapat lepas saat mobil tidak sedang melaju atau sekadar dinyalakan. Sebab, pasti ada guncangan ketika mesin mobil menyala yang bisa membuat kabel tersebut lepas dari posisi seharusnya.

"Ini (kabel) harus di cek, dilihat fisiknya dulu. Karena harusnya kabel positifnya nempel di terminal baterai dengan baik, bisa jadi lepas dan kena bodi kendaraan. Jadi aneh juga sih kabelnya bisa lepas, kalau pun tidak kencang kabel baterai. Mobilnya saja diam," kata Adit kepada CNNIndonesia.com.

Ia pun enggan menarik kesimpulan apa pun dari hal tersebut. Ia menjelaskan perlu investigasi lebih dalam untuk mengetahuinya.


Link: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180722103652-384-316045/raksasa-otomotif-sikapi-terbakarnya-mobil-neno-warisman

***

Sementara itu, pihak Daihatsu Indonesia selaku pabrikan mobil Xenia menanggapi pertanyaan warganet menyatakan perlu investigasi lebih lanjut.

"Yth @DaihatsuInd , 
Mohon klarifikasinya apakah mobil dalam kondisi mati, terparkir bisa konsleting dan akhirnya terbakar besar? Info ini penting utk pertimbangan kami memilih dan membeli produk anda, Thanks

Yg mau endorse pihak management Daihatsu tuk klarifikasi 👉 RT dan like," kata akun @RajaPurwa.

Perntanyaan senada banyak disampaikan warganet.

"Halo selamat malam Sahabat @RajaPurwa, untuk kasus Daihatsu Xenia yang terbakar ini, perlu dilakukan investigasi lebih lanjut, karena semua mobil Daihatsu memiliki standar keamanan yang sesuai dengan ketetapan, yang menjamin keselamatan pengguna," terang Daihatsu Indonesia di akun twitternya @DaihatsuInd, tadi malam, Sabtu (21/7/2018).

"Penyebab rusaknya dudukan aki, perlu diteliti lebih lanjut, karena produk yang tidak sesuai dengan standar tidak akan dipasarkan kepada konsumen," lanjut @DaihatsuInd.




Baca juga :