Merangkai PUZZLE.. Reza Chalid Yakin Jokowi Jatuh Jika Tak Perpanjang Kontrak Freeport


[PORTAL-ISLAM.ID] Lama dicari karena terlibat kasus "papa minta saham", pengusaha minyak Reza Chalid muncul di acara Nasdem. Duduk manis menyimak pidato Presiden Jokowi di acara Akademi Bela Negara yang digelar Nasdem pada Senin (16/7/2018).

(Baca selengkapnya: Lama Dicari Polisi Kasus "Papa Minta Saham", Reza Chalid Nongol Sebaris dengan Menteri Dengerin Pidato Jokowi di Nasdem)

Reza Cholid memang sosok kontroversial. Nama pengusaha minyak itu muncul di telinga publik dalam kasus "papa minta saham" yang melibatkan Setya Novanto dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, pertengahan 2015.

Rekaman suara Reza Cholid, Setya Novanto dan Direktur PT Freeport heboh karena menyebut nama Presiden Jokowi.

Setya Novanto akhirnya disidang MKD dan mundur dari Ketua DPR.

Sedang Reza Cholid menghilang dan dikabarkan ke Luar Negeri.

Jokowi saat itu marah. (Marah benar atau marah-marahan, hanya Jokowi dan Tuhan yang tau)

***

Kemunculan Reza ini kok momennya benar-benar "pas". Ketika pemerintah RI akhirnya menyetujui divestasi 51% saham freeport dan perpanjangan freeport hingga tahun 2041.

[Kamis, 12 Jul 2018]
Operasi Freeport di Papua Bisa Diperpanjang hingga 2041

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa izin operasi PT Freeport Indonesia (PTFI) bisa diperpanjang hingga 2041. Pertimbangan ini sesuai dengan Head of Agreement (HoA) di mana masa operasi Freeport Indonesia bisa diperpanjang 2x10 tahun.

Head of Agreement (HoA) ditandatangani oleh Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (BUMN Inalum) Budi Gunadi dan Presiden Direktur Freeport McMoran, Richard Adkerson di Kantor Kemenkeu, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).

Penandatanganan Head of Agreement (HoA) ini disaksikan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Perjanjian antara PT Freeport McMoran dan Inalum tersebut mencakup perpanjangan operasi 2x10 tahun hingga 2041, pembangunan smelter dan stabilitas finansial divestasi saham PT Inalum di PT Freeport Indonesia menjadi sebesar 51 persen dari sebelumnya sebesar 9.36 persen.

Link: https://finance.detik.com/energi/d-4112094/operasi-freeport-di-papua-bisa-diperpanjang-hingga-2041

***

Kontrak Freeport sebetulnya akan berakhir cuma 3 tahun lagi, yakni di tahun 2021, dan sepenuhnya 100% dikuasai Indonesia.

Sekarang untuk mendapatkan cuma 51% saham harus dengan beli US$ 3,85 Miliar atau sekitar Rp 55 Triliun, dan diperpanjang hingga 2041.

Hal ini tentu mengingatkan dengan pernyataan Reza Chalid saat kasus "papa minta saham" mencuat bahwa Jokowi pasti akan perpanjang Freeport, kalau gak bisa jatuh.

[Rabu 02 Desember 2015]
Transkrip Rekaman Setya Novanto
Reza Chalid Yakin Jokowi Jatuh Jika Tak Perpanjang Kontrak Freeport

Kepada Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, pengusaha minyak M. Reza Chalid meyakinkan bahwa Presiden Joko Widodo akan memperpanjang kontrak PT Freeport Indonesia. Menurut Reza, Presiden Jokowi akan jatuh dari kekuasannya jika tak memperpanjang kontrak Freeport di Indonesia.

"Saya ikut masuk ke Dharmawangsa ini, cost yang mereka bawakan sudah, tapi masih gedean mereka porsinya. Terlalu lama mereka itu boros. Saya yakin Freeport pasti jalan. Kalau sampai Jokowi nekat nyetop, jatuh dia," kata Reza kepada Maroef seperti terdengar dalam rekaman yang diperdengarkan di sidang MKD hari ini, Rabu (2/12/2015).

Link: https://news.detik.com/berita/d-3086389/reza-chalid-yakin-jokowi-jatuh-jika-tak-perpanjang-kontrak-freeport

***

SUDAH KETEMU BENANG MERAHNYA???

SUDAH MENYATU PUZZLE-PUZZLE NYA???