MANTAP! Di Bawah Kepemimpinan Anies-Sandi, Kali Besar Kota Tua Jakarta Kini Mirip Cheonggyecheon di Seoul


[PORTAL-ISLAM.ID]  Panas terik matahari tak menghalangi langkah warga untuk berkeliling menyusuri kawasan Kali Besar Kota Tua, Jumat 20 Juli 2018, yang baru direvitalisasi dan dibuka untuk umum oleh oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pada awal bulan ini.

Hampir pangling rasanya melihat wajah baru Kali Besar Kota Tua. Kawasan ini mirip dengan sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Tak heran, karena Kali Besar Kota Tua ternyata dedesain menyerupai kawasan aliran sungai Han itu.

Kali Besar Kota Tua disulap menjadi lebih modern dengan dermaga terapung. Ini terlihat mirip dengan Cheonggyecheon yang juga sering menjadi lokasi syuting video klip para artis Kpop.

Tidak hanya itu, area rekreasi publik itu juga dihiasi dengan berbagai macam bunga yang mempercantik area tersebut, baik di sisi kanan maupun kiri sungai.

Meski Kali Besar Kota Tua sekarang nampak kekinian, desain ini terlihat sangat serasi untuk berdampingan dengan bangunan-bangunan tua peninggalan kolonial Belanda yang berjajar di samping sungai.

Salah satunya, Toko Merah yang berada di seberang area rekreasi publik ini, juga deretan gedung tua di kanan dan kiri Museum Wayang. Kawasan Kali Besar Kota Tua sendiri berada persis di samping Halte Transjakarta Kali Besar Barat.

Di sisi jalan, area pejalan kaki juga nampak sangat lebar. Tiga anak remaja bahkan dengan santai dapat bermain skateboard di area itu. Area ini juga dilengkapi dengan fasilitas parkir kendaraan yang didukung dengan aplikasi parkir.

Sumber: TeropongSenayan