[Penjelasan Kominfo] "Maaf, Aplikasi Tik Tok Kami Blokir Dulu"


[Penjelasan dari Kominfo]

Maaf, Aplikasi Tik Tok Kami Blokir Dulu

Mungkin banyak yang tidak pernah mendengar apalagi mengunduh aplikasi ini. Generasi pecandu video streaming semacam Tik Tok, Bigo, Liveme, Snapchat, dkk umumnya bukan generasi pengguna facebook. Mereka kebanyakan remaja dan pengguna pemula yang mencari kenikmatan lain berinternet.

Jika pada akhirnya Tik Tok kami blokir, itu bukan karena niat menghambat kreasi, bukan pula benci karena sok suci.

Banjir laporan penyalahgunaan aplikasi ini luar biasa masif. Ribuan laporan, capture, video, jadi bukti pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna aplikasi ini yang diduga tanpa kendali penuh pengelola aplikasi.

Upaya komunikasi kami sayangnya belum mendapat respon. Harapannya pengelola aplikasi memiliki kendali penuh terhadap pelanggaran penggunaan pada layanannya.

Jika aplikasi sejenis semacam Bigo Live atau Liveme saja bisa menempatkan pusat pemantauan konten mereka di Indonesia, tentu kami optimistis aplikasi Tik Tok pun bisa.

Pelanggaran konten hampir terjadi di semua platform medsos. Kami paham tidak ada jaminan semua medsos bersih dari konten negatif. Tapi upaya maksimal meminimalisasi konten negatif adalah bentuk tanggungjawab setiap platform.

Kita sepakat tidak mau mewariskan generasi internet yang labil, menye-menye, dan tak berkarakter yang mudah dijajah teknologi dan serangan budaya, tanpa paham esensi moral, terlebih agama.

Lebih baik kami salah karena dianggap mematikan kreativitas, daripada salah karena tidak melakukan apapun.

Catatan saya:
seiring semakin cepatnya internet dan cakupan yang semakin merata, aplikasi video streaming memang punya potensi tumbuh menjadi raksasa media sosial di masa mendatang yang diprediksi akan mengalahkan media sosial konvensional. Sekali lagi itu prediksi! :)

#update saya dari pusat kendali

03/07/2018

Teguh Arifiyadi
(Staf Kominfo)

__
Sumber: fb penulis

Maaf, aplikasi Tik Tok kami blokir dulu. . . Mungkin banyak yang tidak pernah mendengar apalagi mengunduh aplikasi ini....
Dikirim oleh Teguh Arifiyadi pada Selasa, 03 Juli 2018