Koalisi SBY-Prabowo, Pengamat: Jokowi Terancam


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pengamat politik UIN Jakarta, Adi Prayitno menilai berkoalisinya Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Prabowo Subianto, akan menjadi ancaman serius bagi petahana Joko Widodo (Jokowi).

Bahkan, Adi memprediksi, bergabungnya dua jenderal tersebut berpeluang besar mengalahkan Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.

“Duet Demokrat-Gerindra tentu menjadi ancaman serius yang berpotensi besar mengalahkan Jokowi. Siapapun duet Capres-Cawapres yang akan mereka usung nantinya,” kata Adi, Selasa 31 Juli 2018.

Adi juga mengatakan, meski pertarungan Pilpres 2014 kemungkinan akan terulang tapi dinamika politiknya akan jauh beda.

Sebab, menurutnya, kekuatan dua jenderal SBY-Prabowo akan habis-habisan untuk meraih kemenangan Pilpres 2019.

“Ya, tentunya beda Pilpres 2019 dengan 2014 lalu. Karena faktor SBY dan Demokrat yang saat ini terang-terangan merapat ke Prabowo. Ini adalah momen dimana dua kekuatan raksasa besar bergabung sebagai penantang petahana Jokowi,” ucap Adi.

Sebelumnya, SBY dan Prabowo telah memastikan untuk berkoalisi di Pilpres 2019. Bahkan SBY menyatakan mendukung penuh pencalonan Prabowo dengan siapapun pendampingnya nanti.

“Kami datang dengan satu pengertian, Pak Prabowo adalah calon presiden kita,” kata SBY dalam jumpa pers di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran, Jakarta, Senin 30 Juli 2018.

Sumber: PolitikToday