Kampung Akuarium, Dihancurkan Ahok, Dibangun Kembali Anies, LIHAT BEDANYA...


[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Pada April 2016 silam, permukiman di Kampung Akuarium digusur rata dengan tanah oleh gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

KINI.. kampung Akuarium dibangun kembali oleh gubernur baru Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 878 Tahun 2018. Keputusan itu merupakan aturan soal gugus tugas pelaksanaan penataan kampung dan masyarakat, termasuk penataan kembali kampung Akuarium.

Pembangunan Kembali Musholla


Pada Selasa (24/4/2018), warga Kampung Akuarium, Jakarta Utara, menggelar upacara peletakkan batu pertama Mushala Al-Jihad di Kampung Akuarium.

Dana pembangunan Mushala sebesar Rp 270 juta berasal dari dana yang dihimpun oleh Badan Amil Zakat Infaq dan Sedekah (BAZIS) DKI Jakarta.

Mushala Al-Jihad itu kini sudah selesai.

Pengakuan Kembali KTP

Warga Kampung Akuarium sumringah. Setelah Pemprov DKI Jakarta akhirnya kembali mengakui keberadaan mereka pasca-digusur di era Gubernur Ahok pada 2016 silam.

Pembentukan RT/ RW telah dilakukan guna melegalisasi kembali wilayah tersebut. Termasuk pengaktifan KTP terhadap warga.

Direktur RUJAK Center for Urban Studies Elisa Sutanudjaja mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah mengaktifkan kembali KTP warga Kampung Akuarium. Begitu juga dengan hunian sementara yang telah dibangun.

“KTP warga Kampung Akuarium sudah diaktifkan kembali sejak awal 2018. RT/RW juga , sudah dibentuk kembali. Shelter atau hunian sementara sudah selesai dibangun pada April 2018, dan community action planning sedang berlangsung,” ujar Elisa, Sabtu (30/6/2018).

RUJAK Center merupakan organisasi yang mendampingi warga dalam perencanaan pembangunan kembali perkampungan warga Kampung Akuarium.

Sementara itu, Koordinator wilayah Kampung Akuarium, Dharma Diani mengatakan, saat ini tercatat ada 93 KK yang terdiri dari 500 jiwa yang mendiami Kampung Akuarium. “Ada warga kami yang masih ngontrak, ada yang di rusun pasca penggusuran, ada yang pulang kampung. Kami ada 93 KK atau sekitar 500 jiwa,” ucapnya.

Link: http://poskotanews.com/2018/07/01/warga-kampung-akuarium-diakui-lagi/

Berikut Video terbaru kondisi kampung Akuarium sore ini, Minggu (15/7/2018), yang diposting Marco (@mkusumawijaya) di akun twitternya: