Jokowi CURHAT ke Bupati Ekonomi Sedang Sulit, Warganet: Katanya Duitnya Ada...Duite Sopo Pak?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan para Bupati di Istana Bogor. Dalam pidato pengantarnya, Jokowi sempat menyebut ekonomi dalam masa yang sulit.

Dalam kesempatan itu, Presiden mengundang bupati dalam forum kecil yang terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama sebanyak 30 bupati diundang pada pagi hari dan gelombang kedua pada sore hari.

Presiden mengemukakan ia memang sengaja mengundang secara khusus dalam forum kecil sehingga lebih bebas dalam berdialog dan menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan di daerah.

Berikut pidato pengantar Presiden Jokowi secara lengkap di Istana Bogor, Kamis, 5 Juli 2018.

Ini undangan khusus kepada bapak-ibu Bupati. Saya memang ingin mengundang dalam forum-forum yang lebih kecil seperti ini, sehingga lebih bebas untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan di daerah.

Karena kita ingin agar Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten ini betul-betul satu garis lurus, dan setiap kebijakan-kebijakan yang ada di Pemerintahan Pusat bisa dikerjakan secara sinergi bersama-bersama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten.

Kedua saya juga, ingin saya sampaikan yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi yang kita harus bicara apa adanya bahwa situasi ekonomi dunia sekarang ini masih betul-betul pada posisi yang sangat sulit. Saya kira bapak-ibu semuanya, bupati juga merasakan betapa ketidakpastian ekonomi dunia itu betul-betul sulit dikalkulasi dan sulit dihitung. Tapi kita patut bersyukur bahwa ekonomi kita masih bisa tumbuh 5 persen lebih sedikit. Itu saya kira sudah patut kita syukuri,

Negara-negara lain kita berikan contoh yang besar saja misal seperti China, Tiongkok, itu turun dari 11%, dari 10% langsung anjlok posisi 6,5%. ini betul-betul sebuah pukulan yang sangat berat bagi negara itu.

Tapi apapun kita ingin agar pertumbuhan ekonomi juga sebuah pertumbuhan yang berkualitas, sehingga fundamental ekonomi kita, fundamental pondasi kita tetap terjaga.

Sumber: CNBC

Warganet pun berkomentar.

Baca juga :