Jangan Terpedaya oleh ANGKA KEMISKINAN Turun, ADA "CARANYA"....


Oleh: Tara Palasara*

Rp 401.220 untuk Hidup Sebulan ???!
(Jangan Terpedaya oleh Angka Kemiskinan)


Jauh-jauh hari sudah saya duga sebelumnya ... bahwa jelang Pilpres akan ada "Bombastisisme Data" 😅😂😆🤣

Terlebih dahulu, silahkan baca ini :

Tingkat Kemiskinan Penduduk RI 9,82 Persen, Terendah Sejak Krismon
https://kumparan.com/@kumparanbisnis/tingkat-kemiskinan-penduduk-ri-9-82-persen-terendah-sejak-krismon-27431110790546575

Tingkat Kemiskinan Maret 2018 9,82%, Terendah Sejak Krismon
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180716114007-532-314466/tingkat-kemiskinan-maret-2018-982-terendah-sejak-krismon

BAGAIMANA MEMAHAMI BERITA TERSEBUT DI ATAS? SIMAK PAPARAN BERIKUT:

Status ini saya awali dengan penegasan bahwa saya TIDAK PADA POSISI menyalahkan/menggugat data yang disajikan oleh Badan Pusat Statistik ( BPS ), melainkan ...

MELAINKAN saya hanya hendak memberikan perspektif lain, sehingga bisa memahami secara komprehensif tentang Angka Kemiskinan!

Untuk itu, kepada sahabat-sahabat saya yang di BPS mohon jangan salah pahami status ini, ( karena saya tetap "membenarkan" data yg ada ), hanya saja saya melengkapi dengan paparan yang SELAMA INI TIDAK BEGITU BANYAK DIUNGKAP !

(1) Besaran GARIS KEMISKINAN (GK)

Garis Kemiskinan (GK) adalah suatu BATAS yang dipergunakan untuk mengelompokkan penduduk menjadi MISKIN atau TIDAK MISKIN.

Penduduk Miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita perbulan dibawah garis kemiskinan.

Baca Ini:
https://www.bps.go.id/subject/23/kemiskinan-dan-ketimpangan.html

Dan tahukah anda? bahwa di Maret 2018, besaran Garis Kemiskinan adalah Rp 401.220 per Kapita per Bulan,

Dengan demikian, "sederhananya" adalah SESIAPAPUN (gak peduli dia bayi, anak-anak, dewasa hingga manula), MAKA BARU BISA DIKATAKAN MISKIN, ITU JIKA PENGELUARAN PER BULAN KURANG DARI Rp 401.220 !

Baca Ini :

Ini Definisi Orang Miskin di Indonesia
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4117707/ini-definisi-orang-miskin-di-indonesia

NAH .....

Silahkan, sekarang cerna dengan arif dan bijaksana, UNTUK era kini yang Harga Makanan Goreng aja Per Biji sudah mencapai Rp 1.000 (bahkan di dekat kantor saya hingga Rp 2.500)

MAKA SESEORANG SUDAH BISA DIBILANG TIDAK MISKIN, APABILA SEHARI MAMPU UNTUK MENGELUARKAN UANG (lebih dari) SEBESAR Rp 13.374??? 😃😄😅😂

Bisa dicontohkan APABILA ada rumah tangga yang terdiri dari 1 anak bayi dan 1 anak sekolah dasar, dengan Bapak dan Ibunya, HINGGA jumlah anggota rumah tangganya 4 (empat) orang, MAKA garis batas rumah tangga tersebut dikatakan miskin jika pengeluaran per bulan kurang dari Rp 1.604.880,-

(Pendapatan per kapita per orang ITU memang mencakup semua anggota keluarga sebagai pembagi -nya ... Gak peduli masih bayi, balita, anak sekolah, sampe manula, SEMUA dimasukkan sebagai pembagi.. Semua ada ukuran -nya berdasarkan standar statistik YANG DIREKOMENDASIKAN OLEH PBB )

(2) Pemberian BANSOS Sebelum Diadakan SENSUS

SISI LAIN, yang ingin saya kemukakan dan harap diperhatikan baik-baik adalah BAHWA.. turunnya Angka Kemiskinan itu ANTARA LAIN oleh karena ditunjang Penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah YANG meningkat 87,6 persen pada kuartal I 2018 dari kuartal I 2017.

SELAIN ITU, karena ada peningkatan penyaluran program beras sejahtera (rastra) dan Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) pada kuartal I 2018.

CAMKAN YAA.... ITU ARTINYA TIDAK ADA INDEPENDENSI DARI PENDUDUK UNTUK DISEBUT MISKIN atau TIDAK MISKIN, OLEH SEBAB TERGANTUNG KEPADA BANTUAN PEMERINTAH !

MAKANYA...

Makanya pada Sensus Maret 2017 Pak Jokowi pernah "marah" GARA-GARA Angka Kemiskinan di Maret 2017 NAIK akibat keterlambatan penyaluran Beras Sejahtera TERLAMBAT !

baca ini:

Jokowi Minta Rastra Disalurkan Sebelum BPS Gelar Sensus Kemiskinan
https://kumparan.com/@kumparannews/jokowi-minta-rastra-disalurkan-sebelum-bps-gelar-sensus-kemiskinan

Orang Miskin Bertambah, Jokowi Sindir Penyaluran Rastra Telat
https://ekbis.sindonews.com/read/1223409/34/orang-miskin-bertambah-jokowi-sindir-penyaluran-rastra-telat-1500874033

Jokowi: Kalau Penyaluran Rastra Tak Telat, Kemiskinan Pasti Turun
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3570991/jokowi-kalau-penyaluran-rastra-tak-telat-kemiskinan-pasti-turun

[Simak videonya Pak Jokowi saat itu...]



(3) Ada GAP dengan REALITA

SENYATANYA di tataran realita TELAH TERJADI GAP/KESENJANGAN antara definisi formil kemiskinan dengan praktek pemahaman nyata TENTANG kemiskinan di masyarakat.

MASAK IYA ... disaat berbagai subsidi dicabut, harga-harga bahan pokok meningkat, MAKA Rp 401.220,- / Kapita / Bulan itu adalah angka yang layak untuk bisa dijadikan sebagai Batasan GK (Garis Kemiskinan) ???! ( silahkan jawab dengan hati nurani )

***

Kedepan, jangan kaget yaaaaa... APABILA jelang Pilpres nanti akan LEBIH BANYAK LAGI tersaji angka-angka/data-data ajaib 😅😂😆🤣

KITA HARUS MAMPU MEMAHAMI DARI PERSPEKTIF LAIN dengan argumentasi faktual...

Hingga Kita tidak mudah terprovokasi / TERMAKAN PENCITRAAN oleh lipstik gincu kesuksesan pembangunan 😊☺️😍

__
*Sumber: fb penulis