Hamas Puji Irlandia Yang Melarang Impor dari Zionis Israel


[PORTAL-ISLAM.ID] Gerakan perlawanan Palestina Hamas pada Kamis (12/7/2018) memuji Senat Irlandia memberlakukan larangan impor produk yang berasal dari wilayah Palestina yang diduduki Israel.

Dalam sebuah pernyataan, Hamas menggambarkan pemungutan suara sebagai "langkah penting menuju mengkriminalisasi perilaku pendudukan [Israel] dan kebijakannya pembangunan pemukiman ilegal di tanah Palestina".

Hamas mendesak masyarakat internasional untuk mengikuti arahan Irlandia dengan memboikot barang-barang yang diproduksi di permukiman yang dibangun di wilayah pendudukan.

Pada Rabu malam, senat Irlandia memberikan suara 25 hingga 20 untuk mendukung undang-undang yang mengkriminalisasi impor dari permukiman Israel.

Kementerian Luar Negeri Israel mengecam pemungutan suara Senat Irlandia, mengatakan langkah itu adalah bagian dari kampanye "populis, berbahaya dan ekstrimis" untuk memboikot komoditas Israel.

"Inisiatif boikot anti-Israel ini melukai prospek dialog antara Israel dan Palestina," kata Kementerian Luar Negeri Israel dalam sebuah pernyataan.

Menurut undang-undang, impor barang-barang hasil pemukiman -atau usaha untuk mengimpornya- akan dianggap sebagai kejahatan yang dapat dihukum hingga lima tahun penjara atau denda 250.000 euro.  (Anadolu)