Habis Diajak Makan Siang di Istana, INI Sikap Politik PAN


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sempat bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Selasa pagi 24 Juli 2018. Salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah persoalan pilpres 2019.

Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengakui bahwa pimpinan partainya itu sudah menyampaikan untuk mengusung calon lain di luar Jokowi dalam pertemuan itu. Artinya, PAN sudah pamit untuk tidak lagi mendukung Presiden Jokowi di 2019.

“Hubungan antara Bang Zulkifli Hasan dengan Pak Jokowi dari dulu hingga sekarang kan bagus. Tapi PAN telah melakukan ijtihad politik untuk berjuang di luar petahana. Saya rasa sudah (pamit),” kata Viva dalam konfirmasinya di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 25 Juli 2018.

Adapun menurutnya, pertemuan Zulkfli dan Presiden Jokowi hanya bersifat kelembagaan saja. Mengingat Zulkifli yang menjabat sebagai Ketua MPR.
Sehingga, di pertemuan tersebut juga membahas agenda sidang MPR tahunan yang akan dilaksanakan pada tangal 16 Agustus 2018.

“Jadi tidak dipanggil, jadi sebagai Ketua MPR melakukan komunikasi dengan Presiden dalam rangka untuk sidang MPR tahunan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pun, ada pembahasan soal Garis Besar Haluan Negara di dalam konstitusi.

“Jadi di situ nanti sudah dijelaskan Pak Zul sebagai Ketua MPR ada rancangan usulan untuk pembentukan Garis Besar Haluan Negara kembali,” tandasnya.

Sumber: Kumparan