Erdogan Bangun Perpustakaan Raksasa di Istana Kepresidenan


[PORTAL-ISLAM.ID] ANKARA - Sebuah perpustakaan raksasa saat ini sedang dibangun di komplek kepresidenan yang terletak di lingkungan Bestepe ibukota Ankara.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan perpustakaan yang pembangunannya dimulai pada musim panas 2016 akan menampung 5 juta buku.

Dan akan buka selama 24 jam, tambahnya.

Perpustakaan akan memiliki infrastruktur modern dipadukan dengan arsitektur Ottoman serta Seljuk.

Kepala Asosiasi Pustakawan Turki Ali Fuat Kartal mengatakan kepada Anadolu Agency: “Ini merupakan langkah yang bagus bahwa perpustakaan dengan fitur unik sedang dibangun dengan koleksi yang diperkaya.”

Ketika pembangunan selesai pada 2019, gedung ini akan terdiri dari bagian terpisah untuk peneliti, anak-anak, dan siswa/pelajar.


Ini juga akan memungkinkan para peneliti untuk mengakses banyak perpustakaan terkemuka di dunia melalui koneksi digital dan akan menjadi bangunan ketiga di wilayah kompleks presiden yang akan terbuka untuk umum.

Kartal mengatakan perpustakaan juga akan menawarkan kesempatan kerja bagi hampir 400 pustakawan terlatih.

Menurut laporan 2017 yang diterbitkan oleh Lembaga Statistik Turki, Turki memiliki sekitar 29.000 perpustakaan di seluruh negeri. Ini termasuk satu perpustakaan nasional, 1.137 perpustakaan umum dan lebih dari 500 perpustakaan universitas. (Turkinesia)

[video]