Dulu PKS "HARAM" Suami-Istri Maju Bersamaan Sekarang "HALAL", Aher dan Istri Maju Caleg 2019


[PORTAL-ISLAM.ID] Entah ini kemajuan atau kemunduran, entah ini fatwa baru (qaul jadid) menggantikan fatwa lama (qaul qodim)...

Pada Pemilu 2014 lalu PKS 'haramkan' pasangan suami-istri maju jadi caleg bersamaan.

[07 Januari 2013]
PKS 'Haramkan' Pasangan Suami Istri Jadi Pejabat Publik Bersamaan

PKS mengharamkan pasangan suami istri menduduki jabatan politik di saat bersamaan. Selain menghindari potensi kemaruk jabatan, PKS ingin menjaga keutuhan keluarga.

"Agar tidak menimbulkan kerakusan jabatan, politik dinasti, ataupun KKN, dan juga agar menghadirkan keluarga yang baik, maka suami dan istri tidak boleh dicalonkan jadi caleg," kata anggota Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid.

Hidayat mengatakan kebijakan ini diputuskan melalui Sidang Majelis Syuro PKS di Pondok Madani, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (5/1) kemarin lusa.

Suami dokter Diana Abbas itu menerangkan jika seorang suami sudah dicalonkan sebagai caleg atau menduduki jabatan di eksekutif, maka istrinya tak boleh dicalonkan sebagai caleg, begitu juga sebaliknya. Aturan ini berlaku baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah.

Dia menerangkan aturan ini di samping menghindari praktik KKN, juga untuk menjaga keutuhan rumah tangga dan pendidikan bagi anak-anak. "Dengan kebijakan ini kami ingin menjaga keutuhan keluarga. Anak-anak juga akan terayomi dengan baik oleh orang tuanya dan tidak terbengkalai karena orang tua mengurus jabatan," paparnya.

Link: https://news.detik.com/berita/d-2134537/pks-haramkan-pasangan-suami-istri-jadi-pejabat-publik-bersamaan

LALU KEMUDIAN... Menghadapi Pemilu 2019

[17 Juli 2018]
Tunggu Bursa Pilpres, Aher dan Istrinya Maju Pileg 2019

Sambil menunggu nasibnya di bursa Pilpres 2019, mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mendaftar sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Selain Aher, istrinya juga Netty Heryawan ikut bertarung pesta demokrasi tersebut.

"Ibu Netty (istri Aher) dari Dapil Cirebon, Indramayu, Aher di Dapil II Jabar yaitu Kabupaten Bandung," kata Ketua DPW PKS Jabar Nur Supriyanto, saat ditemui di Kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Selasa (17/7/2018).

Link: https://news.detik.com/jawabarat/4119914/tunggu-bursa-pilpres-aher-dan-istrinya-maju-pileg-2019

***

BAHKAN.. tidak hanya suami-istri, anak Aher yang bernama Khobbab Heryawan juga dikabarkan menjadi Caleg PKS untuk DPRD Provinsi Jawa Barat.