DUH APES!! Gara-Gara Ahoker, Caleg PSI Di-Sledding Admin Wikipedia


[PORTAL-ISLAM.ID]  Agar dikenal publik, berbagai cara dilakukan para calon anggota legislatif yang akan bertarung pada pemilu legislatif tahun 2019 mendatang. Salah satu cara yang dulu dianggap ampuh adalah dengan memasang berbagai baliho dan banner dengan foto caleg yang dibuat semenarik mungkin.

Namun pada era digital seperti saat ini, cara tersebut dianggap kurang efektif bila tak dibarengi penampilan wajah di ruang maya dalam bentuk situs pribadi yang memudahkan banyak warga mengakses data mengenai caleg tersebut. Merawat sebuah situs pribadi, terbilang tidak murah. Apalagi para caleg harus rajin melakukan pembaruan.

Untuk itu seorang pendukung Jokowi Ahok menawarkan diri untuk membantu para caleg mempromosikan diri mereka. Seraya mengunggah foto artikel wikipedia yang berisi profil seorang caleg asal Partai Solidaritas Indonesia.
Gayung bersambut. Tanggal 21 Juli 2018, sebuah akun yang menamakan diri @TemanKokok bercuit sembari melekatkan tautan profil Kokok Herdhianto Dirgantoro, seorang kader PSI, yang berada pada situs gratis wikipedia.

Tak diduga, aksi tersebut menjadi perhatian pihak wikipedia Indonesia yang akhirnya melalui akun twitter resmi mereka dengan tegas meminta para caleg tidak menggunakan wikipedia sebagai sarana kampanye.




Berikut komentari netizen.