Arab Saudi Tangkap Sheikh Al-Hawali, Ulama Yang Kritik Hubungan Bin Salman dengan Israel

(Sheikh Safar Al-Hawali)

[PORTAL-ISLAM.ID] Menurut sumber Saudi tidak resmi, pihak berwenang telah menangkap seorang ulama yang berafiliasi dengan Gerakan Sahwa (gerakan Kebangkitan), Sheikh Safar Al-Hawali, bersama dengan sejumlah putranya karena posisinya terhadap kebijakan keluarga kerajaan yang berkuasa di negara tersebut.

Sebuah akun Twitter bernama "Moatqali Al-Ray" menerbitkan sebuah tweet yang mengatakan bahwa penangkapan Sheikh Al-Hawali, 68, terjadi beberapa hari setelah dia menerbitkan bukunya "Muslim dan Peradaban Barat" di mana dia mengkritik keluarga kerajaan yang berkuasa di Arab Saudi dan Putra Mahkota Abu Dhabi, Mohammed bin Zayed.

Pasukan keamanan menyerbu rumah Al-Hawali. Mereka menutup matanya dan mengikatnya dan putranya Ibrahim. Mereka juga membuat anak-anak ketakutan di rumah dan menyita ponsel dan perangkat elektronik.

Buku Sheikh Al-Hawali yang baru diterbitkan adalah publikasi setebal 3000 halaman di mana dia menulis bahwa keluarga yang berkuasa "telah membuang-buang dana untuk proyek-proyek palsu."

Sheikh Al-Hawali mengkritik putra mahkota Mohammad Bin Salman dan hubungannya dengan Israel, menyebutnya sebagai "pengkhianatan". Sheikh Al-Hawali menasihati penguasa Arab Saudi untuk meninggalkan apa yang dia gambarkan sebagai "pendekatan bin Zayed di UAE."

Menurut media Arab, Sheikh Al-Hawali memiliki gelar doktor Aqidah/Ushuludin. Dia dianggap sebagai ulama paling penting dari Gerakan Sahwa pada 1980-an dan 1990-an, yang merupakan gerakan keagamaan terbesar di Arab Saudi.


Al-Hawali juga merupakan salah satu lawan terkuat dari kehadiran AS dan Israel di wilayah tersebut. Pihak berwenang Saudi memenjarakannya pada pertengahan 1990-an bersama dengan sejumlah besar pendukung Gerakan Sahwa karena posisi menentang mereka terhadap pasukan AS yang masuk ke Arab Saudi.

Sejak September tahun lalu, pihak berwenang Saudi telah meluncurkan operasi penangkapan anti-Gerakan Sahwa, termasuk terhadap ulama Salman Al-Ouda, Awad Al-Qarni dan lain-lain.

Sumber: https://www.middleeastmonitor.com/20180713-saudi-arabia-arrests-islamic-scholar-over-criticism-of-bin-salmans-ties-with-israel/