Anies-Sandi Realisasikan Janji Kampanye, Jakarta International Stadion Akan Dibangun Standar Eropa Akhir 2018 Ini


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno merealisasikan janji kampanyenya di Pilkada DKI bersama Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan untuk membangun stadion berkelas internasional untuk markas Persija di Jakarta.

Stadion tersebut diberi nama Jakarta International Stadion (JIS).

Wakil Gubernur Sandiaga Uno Jumat (13/7/2018) sore kemarin meninjau lahan yang akan dibangun menjadi Jakarta Internasional Stadium di Sunter Jakarta Utara.

Proses pembangunan stadion ini akan dimulai akhir tahun 2018 ini.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menyebutkan stadion ini bertaraf standar Eropa.

"Jadi penantian yang lama ini insyallah akan segera bisa dimulai dan mudah-mudahan standarnya ini mirip-mirip dengan stadion-stadion yang kita lihat di Ekaterina, di Saint Petersburg (Russia)," ujar Sandi di lokasi, Jumat (13/7/2018), seperti dilansir Tribunnews.

Sandi optimis pembangunan akan segera dimulai sebelum akhir tahun 2018 karena sudah sering dipertanyakan pengurus dan pendukung Persija.

Mengusung desain terbaru dengan konsultan dari Amerika, Sandi ingin tribun penonton sangat dekat dengan lapangan.

"Ya ini dari konsorsium yang dipimpin oleh PP (Pembangunan Perumahan Persero), sudah merekrut desain terbaru dari konsultan Amerika untuk mendetailkan desainnya dalam fase visibility studies nantinya," ungkap Sandi.

Pembangunan ini memakan waktu sekitar 30 bulan dan menghabiskan dana lebih dari dua Triliun namun tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melainkan dengan konsep Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Ini lagi dihitung oleh Konsorsium tapi perkiraan saya antara kalau mau stadion bertaraf internasional itu kita melihat kisarannya itu antara diatas 2 Triliun. Dan alhamdulillah ini tidak membebankan APBD, sehingga lebih banyak bisa membiayai program-program untuk pemberdayaan masyarakat," katanya.

Melalui akun instagramnya, Sandi menyebut Jakarta Internasional Stadium nantinya tidak hanya untuk markas Persija.

"Ini bukan hanya akan menjadi stadion bertaraf internasional, dan tidak hanya rumah bagi tim sepakbola kebanggaan Jakarta, @persijajkt. Stadion ini milik seluruh masyarakat Jakarta untuk digunakan dengan sebaik-baiknya, diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan mempererat persaudaraan antar warga. Kita juga akan pastikan tempat ini dapat menggerakkan perekonomian DKI Jakarta dengan diberdayakannya UMKM dan para wirausaha baru yang tergabung dalam pelatihan wirausaha #OKOCE," tulis Sandi di akun IG-nya.

"Mohon doa dari seluruh warga Jakarta untuk kelancaran pembangunan stadion bertaraf internasional ini," tutup Sandi.

Dengan konsep Public Private Partnership (PPP) atau Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), kita canangkan pembangunan stadion bertaraf internasional atau Jakarta International Stadium di kawasan Jakarta Utara. Ini bukan hanya akan menjadi stadion bertaraf internasional, dan tidak hanya rumah bagi tim sepakbola kebanggaan Jakarta, @persijajkt. Stadion ini milik seluruh masyarakat Jakarta untuk digunakan dengan sebaik-baiknya, diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan mempererat persaudaraan antar warga. Kita juga akan pastikan tempat ini dapat menggerakkan perekonomian DKI Jakarta dengan diberdayakannya UMKM dan para wirausaha baru yang tergabung dalam pelatihan wirausaha #OKOCE. Mohon doa dari seluruh warga Jakarta untuk kelancaran pembangunan stadion bertaraf internasional ini.
A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno) on