Warga Gaza Palestina Rayakan Kemenangan Erdogan


[PORTAL-ISLAM.ID] GAZA - Kemenangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pemilihan presiden hari Minggu telah memicu kegembiraan di Jalur Gaza yang diblokade Israel.

"Kami mengucapkan selamat kepada Presiden Erdogan, partainya dan rakyat Turki untuk kemenangan ini," Zakaria al-Shorbaji, 22, mengatakan kepada Anadolu Agency.

"Kami meminta Erdogan untuk terus memberikan lebih banyak dukungan kepada rakyat Palestina dan tujuan mereka," tambahnya.

Erdogan memenangkan mayoritas mutlak dalam pemilihan presiden Turki pada hari Minggu, menurut Dewan Pemilihan Tertinggi Negara (YSK).

Dengan 99,2 persen suara dihitung, Erdogan memenangkan 52,5 persen suara sementara saingan utamanya Muharrem Ince tertinggal di belakang pada 30,6 persen.

"Kami sangat senang dengan kemenangan Erdogan dan partainya," kata Inas Musabbah, 33 tahun, warga Gaza yang lain.

Dia memuji pemimpin Turki untuk perjuangannya membela isu-isu negara Arab dan Islam dan untuk dukungannya kepada rakyat Palestina.

"Kami mengatakan kepada seluruh dunia bahwa kami mendukung Presiden Erdogan dan kami meminta dia untuk melanjutkan dukungannya untuk tujuan kami," kata Musabbah.

"Saya pribadi suka karakternya [Erdogan] terutama saat dia berdiri di sisi kami," katanya.

"Erdogan adalah sosok yang hebat, kami mencintainya dan saya bangga padanya karena dia adalah presiden yang hebat."

Eslam al-Amour, 22, juga gembira.

"Kami mengucapkan selamat kepada Erdogan dan rakyat Turki yang hebat untuk kemenangan pemilu," katanya.

Turki telah menjadi pendukung setia rakyat Palestina dan telah menyediakan jutaan dolar bantuan untuk mendukung Jalur Gaza yang diblokade Israel.

Banyak warga Palestina di Gaza telah menamai anak-anak mereka dengan nama Erdogan sebagai cara untuk menunjukkan penghargaan atas dukungannya pemimpin Turki itu kepada Gaza.

Baru-baru ini, Turki telah menerima sejumlah warga Gaza, yang terluka oleh tembakan tentara Israel selama protes anti-pendudukan, untuk dirawat di rumah sakit Turki.


***

Ada yang didoakan dan disambut gembira kabar kemenangnnya..

Ada pula yang dikutuk akibat kunjungannya ke Israel jualan 'Rahmah'...