Wagub DKI Luncurkan Kaos 'RED SANDI' Untuk Bantu GAZA


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA -- Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan kaus bermotif sorban merah yang dinamai RED SANDI di Balaikota DKI Jakarta, Senin (4/6/2018). Kaos ini merupakan bentuk donasi untuk membantu rumah sakit Indonesia di Gaza, Indonesia.

"Saya dengar penjelasan dari MER-C bahwa kondisi Palestina makin memprihatinkan dan peran Rumah Sakit Indonesia di Gaza buah ikhtiar warga Indonesia lewat MER-C makin penting, maka teman-teman coba luncurkan ide kreatif hari ini," kata Sandiaga, seperti dilansir Republika.

Menurutnya, RS Indonesia di Gaza selalu ramai dan perlu terus dikembangkan. Kaus yang didisain ArMuf, Duo Designer A. Mufti dan Agus Hendrawan ini semula sudah merambah pasar ekspor ke Timur Tengah. Mulai hari ini kaos di jual di Bukalapak.

Muftri menjelaskan kaos sempat diekspor ke Doha dan Dubai karena motif Sorban Ghutrah terinspirasi kultur Timur Tengah. Desainnya dominan garis dan ornamen Padang Pasir. Kemudian ia mendengar bahwa MER-C butuh donasi dan akan diluncurkan Sandiaga Uno.

Sehingga nama kaos ini menjadi RED SANDI. Mufti yang juga berprofesi sebagai konsultan dan periset ini mengabarkan mulai pagi ini RED SANDI sudah bisa di pesan di Bukalapak dan bisa ditelusuri lewat web MER-C.

"Harganya didiskon jadi Rp 126 ribu, harga termasuk donasi ke MER-C," kata Mufti.

Tim yang hadir mewakili MER-C diwakili Dr Henry Hidayatullah menjelaskan MER-C memberikan bantuan medis pada fase awal bencana atau tanggap darurat dalam konflik dan bencana skala besar. Selain itu MER-C juga melakukan program bantuan yang bersifat jangka panjang.

Salah satunya berupa pembangunan fasilitas kesehatan seperti Klinik Rawat Inap di wilayah pasca tsunami Aceh, Klinik Sosial di wilayah pasca gempa Bokoharjo Sleman Yogyakarta, RS Galela di wilayah histori konflik Maluku Utara, juga RS Indonesia di Jalur Gaza, Palestina dan RS Indonesia di Rakhine State, Myanmar.

"Kita ingin warga Jakarta berperan lebih aktif untuk membangun RS Indonesia di Gaza bahkan Myanmar, Alhamdulillah Pak Sandi setuju kalau donasi lewat kaus ini Kick Off untuk kerja besar ke depan," kata Dr. Henry.


Bukalapak sebagai online marketplace terbesar di Indonesia turut memberikan dukungannya untuk pengembangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Bukalapak memfasilitasi penjualan kaus Red Sandi mulai hari ini.

"Kami di Bukalapak turut peduli dengan kondisi saudara-saudara kita di Gaza. Penjualan kaus RED SANDI di Bukalapak diharapkan dapat membantu pembangunan fasilitas kesehatan di sana," kata Co-Founder dan CFO Bukalapak, Fajrin Rasyid, yang juga hadir saat peluncuran.

Masyarakat dapat membeli kaus ini hanya di Bukalapak. Dengan membeli kaus ini, masyarakat secara tidak langsung sudah ikut berpartisipasi dalam membangun Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Kaus dapat menjadi pilihan buah tangan untuk sanak saudara ketika mudik ke kampung halaman.

Sandiaga Uno juga sampaikan bahwa kedepannya dukungan buat Pembangunan RS Indonesia di Gaza dan Myanmar akan bermitra dengan BAZIS DKI Jakarta. Ia berharap akan ada Ruang Fatahillah atau Jayakarta di RSI Gaza dan Myanmar.  (ROL)