REVIEW BUKU: MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK


MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

REVIEW BUKU

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Asas Asas Manajemen
Yang dibina oleh Hayat, SAP., M.Si.

Oleh:
Achmad Agung Maulana S R 21701091135

UNIVERSITAS ISLAM MALANG
FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI
ILMU ADMINISRASI NEGARA


Judul Buku : Manajemen Pelayanan Publik
Penulis : Hayat S.AP, M.SI.
ISBN : 9786024250805
Penerbit : Rajawali Pers
Tahun Penerbit: 2017
Harga : Rp. 56.000,-
Halaman : 244

Dalam sebuah buku karangan ini penulis akan me-review dari isi buku ini serta dari bentuk dan harganya. Buku ini diterbitkan pada tahun 2017 yang diterbitkan oleh Rajawali pers yang dikarang oleh bapak Hayat S.AP, M.SI. yang dimana beliau adalah wakil dekan di Fakultas Administrasi Unisma, beliau juga merupakan dulunya seorang aktivis dan sekarang masih aktif dengan menulis buku-buku yang akan diterbitkan. Karangan beliau juga banyak dikutip oleh berbagai penulis ternama yang dimana hasil karya beliau tercantum pada buku-buku tersebut.

Buku ini dari segi harga, yakni sebesar Rp. 56.000,-  dan jumlah dari isi buku tersebut sebanyak 244 halaman. Buku ini diberi judul oleh beliau Manajemen Pelayanan Publik, tentunya dengan judul tersebut tidaklah asing dari mahasiswa Fakultas Administrasi tentunya di prodi Publik/Negara. Buku ini dimana membahas sebuah konsep, fungsi dan tujuan dari pelayanan publik serta tidak hanya itu juga kinerja dari sebuah pelayanan publik, disini juga ada pembahasan tentang sebuah good governance yang dimana dalam good governance banyak sekali teori-teori dari pakar yang salah satunya yakni Rhodes. Penulis disini akan me-review secara singkat dengan pengertian-pengertian materi yang ada dibuku beliau tersebut.

A. Pengertian dari Pelayanan Publik

Pelayanan publik adalah suatu tindakan berupa pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintah. Pelayanan publik berperan sebagai indikator dalam sebuah kinerja pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah, pelayanan publik adalah suatu tindakan atau melayani masyarakat atau yang lebih dikenal adalah dengan berorientasi dengan masyarakat dengan baik jika tidak baik maka dinamakan pelayanan publik tersebut buruk atau gagal dalam melayani masyarakat.

B. Konsep dari Pelayanan Publik

Konsep yang diterapkan pelayanan publik disini adalah menurut UU No. 25 Tahun 2009 yakni menjadi sebuah acuan bagi penyelenggaraan negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal dan maksimal. Sebuah pelayanan itu harus maksimal karena menjadi orang yang diberi tanggung jawab oleh rakyat untuk melayani masyarakatnya dalam tujuan negara tersebut tercapai dan keinginan rakyat yang ingin sejahtera dan makmur.

C. Fungsi dari Pelayanan Publik

Fungsi pelayanan publik tentunya berdampak besar sekaligus suatu peran yang menjadi tanggung jawab bagi masyarakatnya, fungsi disini adalah bagaimana masyarakat berpartisipasi dalam sebuah pelayanan yang diberikan dari pemerintah dan mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat.

D. Tujuan dari Pelayanan Publik

Tujuan disini untuk menciptakan kepuasan masyarakat dalam diberikannya sebuah pelayanan dari pemerintah sehinggan masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelayanan tersebut sehingga dari pelayanan tersebut menacapai tujuan dari sebuah pelayanan publik.

Berikut adalah sebagian dari isi buku beliau yang sangat bermanfaat sekali bagi pembacanya sekaligus sangat dianjurkan untuk mahasiswa FIA dimana mahasiswa FIA sangatlah membutuhkan juga asupan-asupan materi yang ada di buku beliau. Penulis disini akan menilai kelebihan dan kekurangan buku beliau tersebut.

1. Kelebihan

Kelebihan buku disini adalah dari kata-katanya yang mudah dipahami dan ukuran bukunya yang sangat nyaman dipegang sehingga membuat pembacanya merasa betah membaca buku tersebut.

2. Kekurangan 

Kekurangan dari buku ini adalah susahnya buku ini didapat di daerah pertokoan buku Wilis dan harganya yang maha sehingga membuat mahasiswa akan mempertimbangkan harganya jika membelinya pada tanggal tua. Dan kekurangannya juga terletak pada covernya yang kurang menarik perhatian sehingga akan dianggap buku biasa akan tetapi buku beliau tersebut sangatlah luar biasa bermanfaat.