[PilGub Jateng] SURVEI FSI: Pemilih Jokowi Rame-Rame MEMBELOT Dukung Sudirman - Ida


[PORTAL-ISLAM.ID]  Fakta mengejukan diungkap lembaga survei Focus Survei Indonesia (FSI). Dimana para pemilih Joko Widodo di Jawa Tengah mayoritas bakal memilih Sudirman Said-Ida Fauziah, ketimbang memilih Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung PDIP dan PPP.

Dari sebaran Respoden yang sebanyak 79,2 persen pemilih/respoden yang pernah ikut memilih Jokowi pada pilpres 2014, saat disurvei sebanyak 60,9 persen memilih pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah, sedangkan yang memilih Ganjar Pranowo -Taj yasin hanya sebanyak 30,2 persen.

Sedangkan yang memilih Prabowo Subianto pada saat Pilpres 2104 , sebanyak 79,2 persen mengaku akan memilih pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah dan sebanyak 12,7 persen memilih pasangan Ganjar Pranowo -Taj Yasin.

"Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah juga unggul untuk pemilih kalangan pengusaha dan wiraswasta yakni 47,83 persen. Sedangkan 42,03 persen memilih pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin," ujar Direktur Survei Fokus Survei Indonesia, Andre Gunawan kepada wartawan, Jumat, 22 Juni 2018.

Sementara untuk pemilih dari kalangan Karyawan Tetap, Karyawan Outsourching dan Buruh Lepas Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah juga unggul dengan tingkat keterpilihan sebanyak 60,2 persen sementara untuk Pasangan Ganjar Pranowo - Taj Yasin hanya dipilih sebanyak 28,2 persen.

"Dari kalangan pelajar dan mahasiswa juga lebih memilih Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah dengan selisih cukup jauh sebesar 52,41 persen dan 31,36 persen untuk pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin," urainya.

Begitu juga untuk kalangan PNS/BUMN pasangan Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah mengantongi 49,57 persen, sedang Pasangan Ganjar Pranowo - Taj Yasin di angka 41,03 persen.

Fokus Survei Indonesia menempatkan elektabilitas Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah unggul di atas Pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin. 

Dalam survei ini Focus Survei Indonesia, melibatkan1.466 orang warga yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki hak pilih di 29 kabupaten dan 6 kota se Jawa Tengah.

Penentuan jumlah sample mengunakan metode multistage random sampling berdasarkan populasi DPT Jawa Tengah di pilkada 2018 sebanyak 27.068.125. dengan margin eror kurang lebih 2,56 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei jajak pendapat dilakukan pada 2 Juni hingga 14 Juni 2018. 

Sumber: Indopos