NGAKAK! Bukan Anies Baswedan, INILAH Penggagas Tong Sampah Jerman yang Bikin Ahoker KETAMPAR


[PORTAL-ISLAM.ID]  Polemik penggunaan tong sampah made in Jerman membuat pendukung Ahok beramai ramai menyerang Gubernur DKI Anies Baswedan secara personal.

Namun Anies menyebut bahwa Jakarta bukanlah satu-satunya daerah yang menggunakan tong sampah buatan Jerman. Daerah lain seperti Surabaya, Probolinggo, Bandung, Medan, Malang sudah menggunakan tong sampah itu sebelumnya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bahkan mengaku bahwa dirinyalah yang mengusulkan agar DKI Jakarta menggunakan bak sampah compactor buatan Jerman tersebut.
"Aku dulu yang ngomong DKI harusnya pakai compactor (tong sampah buatan Jerman) karena jarak TPA-nya jauh," ujar Risma di sela sidak Jalan Kenari, Rabu 6 Juni 2018.

Risma mengusulkan itu saat Jokowi masih menjadi Gubernur DKI.

"Kalau tidak salah satu atau dua tahun lalu (DKI Jakarta) pakai. Karena kalau buang sampah pakai dump truk tidak efisien," tandas Risma.

Surabaya sendiri sudah menggunakan tong sampah buatan Jerman itu sejak 2010. Pengadaannya selalu dianggarkan hingga Surabaya sekarang memiliki tong sampah itu lebih dari 1.000 buah.

Pemkot Surabaya memilih tong sampah itu karena kuat dan efisien. Mampu menampung sampah lebih banyak sehingga anggaran BBM untuk truk sampah pun bisa dihemat.

Berita ini langsung dikomentari warganet.