MANTAP! Survei NCID: Sudirman-Ida Berpeluang Menang di Kandang Banteng


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pasangan Cagub Jateng 2018 Sudirman Said dan Cawagub Ida Fauziyah unggul dalam survei yang dilakukan oleh Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID).

Dalam survei tersebut pasangan Sudirman-Ida unggul tipis dari pasangan Ganjar Pranowo- Taj Yasin Maimun.

“Survei NCID yang dilakukan pada periode 4-10 Mei 2018 menghasilkan analisa berupa profil responden dan pandangan responden terhadap pilihannya serta tanggapan dari berbagai isu lokal dan nasional yang diketahui masyarakat Jawa Tengah dimana pasangan Sudirman-Ida unggul sebesar 46,1 persen, sementara pasangan Ganjar-Yasin 44,2 persen, sedangkan sisanya sebanyak 9,7 persen belum menentukan pilihan,” kata Direktur Eksekutif NCID Jajat Nurjaman, Selasa 5 Juni 2018.

Jajat menuturkan, salah satu indikator masyarakat menentukan pilihannya kepada pasangan Sudirman-Ida karena diharapkan dengan kepemimpinan baru dapat membawa perubahan yang lebih baik. Sudirman-Ida dinilai memiliki komitmen menciptakan jutaan lapangan kerja baru, salah satunya melalui program kewirausahaan.

“Sudirman juga dinilai sebagai mantan menteri berpengalaman yang diharapkan dapat membawa kemajuan ekonomi dan perbaikan infrastruktur di Jawa Tengah,” bebernya.

 Isu nasional yang menjadi perhatian masyarakat, baik informasinya diperoleh melalui media televisi, media online, dan media sosial yaitu kasus korupsi e-KTP yang diduga melibatkan Ganjar. Walaupun dugaan korupsi tersebut belum ada kejelasan lebih lanjut, namun tidak dapat dipungkiri hal ini berdampak pada turunnya elektabilitas Ganjar-Yasin.

“Sudirman-Ida dianggap sebagai sosok pemimpin yang bersih dan memiliki komitmen untuk memberantas korupsi. Sudirman dikenal sebagai aktivis anti korupsi dan juga mantan menteri ESDM yang berani membongkar kasus “Papa Minta Saham” Freeport, melibatkan Setya Novanto yang saat ini tersangkut korupsi E-KTP,” tambahnya.