Habib Rizieq Dikriminalisasi Lagi, Ratusan Pengacara Siap Pasang Badan


[PORTAL-ISLAM.ID] Ketua Dewan Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habiburokhman menyatakan akan membela Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq dari upaya kriminalisasi lanjutan yang mungkin terjadi bila dia kembali ke Indonesia.

Habiburokhman menyebut sudah ada ratusan advokat yang siap untuk membela Habib Rizieq.

"Kami merindukan kepulangan Habib Rizieq. ACTA dan ratusan advokat lain siap pasang badan untuk Rizieq jika beliau pulang dan terjadi kriminalisasi lagi," katanya, Senin (18/6/2018), seperti dilansir CNNIndonesia.

Sementara itu, Juru Bicara Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin mengatakan kasus Habib Rizieq selama ini memang dipaksakan. Polisi juga dia tidak tidak netral dalam menangani kasus Rizieq.

"Polisi, dan kelompok nya penguasa itu ada kepentingan politik. Di mana polisi sudah tidak netral berperan politik sangat kental dan berpihak kepada penguasa," kata Novel.

Sebelumnya, Polri membenarkan telah mengeluarkan SP3 menghentikan penyidikan kasus chat Habib Rizieq Syihab. Namun, kasus itu bisa dibuka lagi jika ditemukan bukti baru.

"Terhadap kasus ini dapat dibuka kembali bila ditemukan bukti baru," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal kepada detikcom, Sabtu (16/6/2018) malam.

Ia mengatakan kasus ini dihentikan penyidikannya karena penyidik belum menemukan siapa yang mengunggah chat Habib Rizieq ke internet.

Habib Rizieq ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan chat porno pada Mei 2017 berdasar dari situs baladacintarizieq.com yang kini sudah raib.