WOW! 'Gubernur Indonesia' Anies Baswedan akan Sampaikan Ucapkan Selamat untuk Erdogan Secara Langsung


[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan kembali terpilih menjadi presiden Turki dalam pemilihan langsung yang dilakukan pada Ahad (24/6/2018) kemarin.

Anies Baswedan yang kerap disebut 'Gubernur Indonesia' menyatakan akan menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan secara langsung.

"Tentu (saya) akan ucapin selamat, saya akan sampaikan selamat langsung," kata Anies di Balai Kota, Senin (25/6/2018) malam, seperti dilansir Republika.

Anies menilai, terpilihnya Erdogan dalam sistem konstitusi baru ini merupakan wujud kepercayaan rakyat Turki yang sangat besar. Pemilihan ini adalah pilpres pertama dengan sistem yang baru tahun lalu dibuat. Perubahan sistem ini, menurut Anies, bukan sesuatu yang kecil dalam mengatur ketatanegaraan.

"Jadi ini satu kepercayaan yang besar dari rakyat Turki kepada Erdogan atas reformasi yang sudah dia pimpin dan dia sekarang diamanati untuk memimpin perjalananya ke depan," ujar dia.

Mantan mendikbud ini sempat bertemu Erdogan pada April 2018 saat berkunjung ke Turki. Keduanya shalat Jumat di Masjid Ayyub al-Anshari. Saat itulah, kata Anies, orang banyak menyebut bahwa Erdogan memulai atau kick off kampanye.

"Itu dua bulan yang lalu dan sekarang beliau berhasil, kita bersyukur. Mudah-mudahan beliau bisa membawa Turki jadi salah satu contoh bagi dunia pada umumnya," ujar dia.


Seperti diketahui, Erdogan berhasil meraih suara 52,6% dalam pemilu Turki yang diselenggarakan pada Ahad (24/6). Kemenangan ini membuat Erdogan menjadi presiden pertama Turki di bawah sistem konstitusi yang baru, yakni sistem presidensial. Pemilu Turki ini merupakan yang pertama sejak Turki beralih ke sistem pemerintahan presidensial setelah referendum konstitusi April 2017.

Baca juga :