Gegara Meme Amien Rais, Mantan Direktur Indosat Kena Masalah


[PORTAL-ISLAM.ID] Mantan direktur PT Indosat Syakieb Sungkar kesandung masalah setelah memposting foto meme Amien Rais yang diunggah di akun facebooknya

Syakieb dipolisikan Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ke Bareskrim Polri, Selasa (26/6/2018).

Yang dipermasalahkan adalah, meme yang diunggah pada Senin (25/6/2018) pukul 21.08 WIB itu dianggap melecehkan.

Sebab, foto tersebut adalah sebuah meme dengan kepala dan wajah Amien Rais.

Namun, tubuhnya bertelanjang dana disertai kain compang-camping yang terlilit di pinggang serta tanpa menggunakan alas kaki. Dalam meme itu diberi caption 'jalan kaki Jogja-Monas'.


Kuasa hukum alumni IMM, Wa Ode Nur Zaenab di Bareskrim Polri, menyatakan, unggahan itu disebutnya sudah cukup menjadi bukti.

“Nampak dideskripsikan sebagai seorang gelandangan atau orang gila yang tidak pantas,” jelas dia, Selasa malam (26/6/2018).

Hal itu tak sebanding dengan Syakieb sebagai seorang intelektual, terpelajar, profesional dan lulusan universitas ternama di Bandung.

Ia juga sudah sangat paham akan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), tak seharusnya mengunggah foto tersebut.

“Yang bersangkutan tidak selayaknya lakukan hal demikian, posting foto seorang tokoh yang merendahkan dengan sedemikian rupa,” sebut Wa Ode.

Atas perbuatannya, Syakieb diduga tidak hanya melanggar pasal 27 ayat 3 dan 28 aya 2 UU ITE, dia juga dinilai melanggar pasal 28 ayat 2 di undang-undang yang sama.

Sebab, Amien katanya merupakan tokoh bangsa, agama, dan orang yang memiliki peran penting di kalangan Muhammadiyah.

“Ini sudah masuk ke SARA sebenarnya,” tegas Wa Ode.

Dalam laporannya, pihaknya menyertakan barang bukti berupa postingan gambar yang diunggah Syakieb.

Dia berharap dengan laporan ini menjadi pelajaran bagi mereka yang berniat menghina martabat seseorang atau kalangan tertentu di sosial media.

Sementara, Sekjend Kornas Forum Komunikasi Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (FOKAL IMM) Azrul Tanjung mengatakan pihaknya sangat tersinggung dengan postingan tersebut.

“Kita anggap tidak pantas, tidak senonoh karena dilakukan secara terbuka di media sosial Facebook, ya kita melaporkan beliau. Saya berharap segera Polri mengusut kasus ini sebagaimana seharusnya,” kata Azrul di samping Wa Ode.

Saksi pelapor Dr. (Cdt) Eneng Humaeroh, Spdi., MA. dalam pernyataan persnya, Selasa (26/6/2018) mendesak polisi untuk segera mengusut tuntas tindakan kriminal berupa pencemaran mama baik dan penghinaan tersebut dengan segera melakukan penangkapan dan memproses hukum pemilik akun facebook yang diketahui sebagai profesional di bidang telekomunikasi dan lulusan universitas di Chicago dan lulusan PTN ternama di Indonesia.

(Alumni IMM melaporkan ke Bareskrim Polri)

Berdasar liputan JawaPos.com mencoba mengonfirmasi mantan Direktur PT Indosat Syakieb Sungkar. Namun, sampai saat ini belum ada respons.

Sumber:
Pojoksatu
Mediaharapan

***

Berdasar penelusuran, unggahan meme Amien Rais sudah tidak didapati di laman akun facebook Syakieb Sungkar (https://www.facebook.com/syakieb.sungkar).

Di akun facebook Syakieb Sungkar tertulis di biodata:
- Director of Sales di AXIS GSM YG BAIK
- Citizen di MyRepublic
- Bekerja di PT. Mora Telematika Indonesia (MORATELINDO)
- Bekerja di Art
- Pernah bekerja sebagai Director of Sales di PT. Indosat Tbk
- Mengambil jurusan Management di The University of Chicago
- Jurusan Digital Telecommunications di Cable and Wireless College, Coventry
- Jurusan Teleco di Institut Teknologi Bandung
- Bersekolah di ITB(institut teknologi bandung)
- Tinggal di Daerah Khusus Ibukota Jakarta


Baca juga :