ARTI SELEBRASI Duo Pemain Muslim Swiss Shaqiri-Xhaka Saat Kalahkan 'Musuh Bebuyutan' Serbia


[PORTAL-ISLAM.ID] Timnas Swiss meraih kemenangan penting mengalahkan Serbia dengan skor 2-1 dalam lanjutan laga Grup D Piala Dunia 2018, Jumat (23/6/2018).

[video]


Dua gol kemenangan Swiss dicetak oleh Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri, duo pemain Muslim yang berlatarbelakang keturunan etnis Albania-Kosovo yang mayoritas muslim.

Shaqiri lahir di Gjilan, Kosovo, provinsi yang mengumumkan kemerdekaannya dari Serbia pada 2008. Serbia tak mengakui kemerdekaan Kosovo dan relasi keduanya masih memanas. 

Sementara orang tua Xhaka juga berasal dari Kosovo dan keluarga tersebut masih termasuk etnis muslim Albania. Bahkan Taulant, saudara Xhaka, bermain untuk Timnas Albania.

Bagi Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri, mencetak gol dan mengalahkan Serbia punya arti kemenangan tersendiri. Keduanya melakukan selebrasi gol yang sama, menggerakkan tangan dan membentuk "Albanian Eagle", yakni kedua jempol tangan bertautan dan dengan jari-jari lainnya direnggangkan hingga berbentuk burung yang terdapat di bendera Albania. Kedua jempol melambangkan kedua kepala burung, sementara jari-jari lainnya membentuk sayap dari burung tersebut.

Albania dan Kosovo kini telah menjadi negara sendiri. Xhaka dan Shaqiri tentu merasakan konflik di tahun 90an. Bahkan ayah Xhaka dipenjara oleh Serbia karena menjadi aktivis kemerdekaan Albania. Alhasil keluarga Xhaka dan Shaqiri meninggalkan tanah kelahirannya dan hijrah ke Swiss. Sepanjang pertandingan suporter Serbia melakukan "booo", terutama pada Shaqiri.

Albania, Kosovo, Bosnia, adalah dulunya wilayah dibawah naungan Khilafah Utsmaniyah.


"Dalam sepakbola, Anda selalu punya emosi. Anda bisa lihat apa yang saya lakukan," kata Shaqiri, usai pertandingan seperti dikutip dari ABC.

Selebrasi duo pemain muslim Shaqiri Xhaka terancam sanksi FIFA.

___
Referensi
- https://en.wikipedia.org/wiki/Xherdan_Shaqiri
- https://en.wikipedia.org/wiki/Granit_Xhaka
- http://www.espn.com/soccer/switzerland/story/3539974/granit-xhaka-and-xherdan-shaqiris-albanian-flag-celebrations-for-switzerland-draw-attention
- http://www.abc.net.au/news/2018-06-23/granit-xhaka-and-xherdan-shaqiri-goals-help-swiss-down-serbia/9828254