Anies Akhirnya Buktikan Janjinya SEGEL Pulau Reklamasi, Ini Tanggapan Luhut


[PORTAL-ISLAM.ID] Hari ini, Kamis 7 Juni 2018 bertepatan dengan 22 Ramadhan 1439 H, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengirim 300 personel Satpol PP untuk menyegel semua bangunan yang ada di pulau reklamasi D dan B.

Proyek reklamasi Pulau D dan B berada di kawasan Pantai Indah Kapuk, Pluit, Jakarta Utara. Sebanyak 932 bangunan-bangunan ini sudah berdiri, padahal IMB belum dikantongi. Pengembang Pulau D dan B adalah PT Kapuk Naga Indah, anak usaha Agung Sedayu Group.

Penyegelan hari ini, menurut Anies, untuk memastikan semua pihak tak peduli ekonomi kuat akan ditindak bila melanggar.

“Semua adalah bagian dari yang memastikan bahwa Jakarta itu tertib dan teratur. Bagi pelanggar yang punya sosial ekonomi lemah maupun kuat, semuanya akan ditindak oleh Pemprov DKI Jakarta,” kata Anies di Balai Kota Jakarta saat melepas 300 personel Satpol PP, Kamis (7/6/2018).

Bagaimana tanggapan Luhut Binsar Pandjaitan yang selama ini dikenal bersikukuh soal Reklamasi?

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan enggan mengomentari kebijakan Pemprov DKI Jakarta, yang menyegel dua pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Luhut mengaku, Pemprov DKI belum melaporkan tindakan penyegelan tersebut ke Kemenko Maritim.

"Saya tidak tahu, tanya saja Pemprov (DKI Jakarta)," ujar Luhut di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/6), seperti dikutip CNN Indonesia.

Saat didesak lebih jauh untuk menanggapi dampak dari penyegelan itu, Luhut juga bergeming. Ia mengklaim tidak bisa berkomentar lantaran belum mengetahui ada kebijakan tersebut.

"Saya tidak tahu, gimana yang mau saya tanggapi," ujarnya.

Seperti diketahui, pada 5 Oktober 2017, Luhut menerbitkan surat memutuskan mencabut penghentian sementara (moratorium) reklamasi di Teluk Jakarta. Artinya Luhut memberi izin kelanjutan proyek reklamasi.

Di acara KOMPAS TV, Luhut juga pernah berang atas sikap gubernur DKI Jakarta yang baru terpilih yang hendak menghentikan proyek reklamasi.

"Emangnya dia siapa?" kata Luhut dengan nada tinggi.

Berikut video Luhut VS Anies...

[video]