Subhanallah.. Ke Jakarta, Anwar Ibrahim LANGSUNG Sowani BJ Habibie. Ini yang Mereka Bahas


[PORTAL-ISLAM.ID]  Mantan Presiden BJ Habibie menggelar pertemuan dengan mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim di Kediaman Habibie, Patra Kuningan, Jakarta, Ahad, 20 Mei 2018, bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Setiba di Jakarta, Anwar Ibrahim langsung menuju kediaman Habibie sekitar pukul 13.00

Pertemuan berlangsung tertutup selama kurang lebih dua jam.

Habibie menyebut banyak berdiskusi bersama Anwar yang tidak lain adalah sahabat lamanya. Salah satunya soal penguatan identitas negara serumpun dalam memasuki arus globalisasi.

"Dalam menghadapi globalisasi kita harus bisa kerjasama memperjuangkan bukan hanya kepentingan ekonomi dan budaya saja. Tapi yang kita perjuangkan adalah peradaban dari budaya, agama dan ilmu pengetahuan," ujar Habibie.

Menurutnya, globalisasi cukup banyak mempengaruhi terhadap perubahan bangsa. Ia contoh catatan konflik di Eropa soal perdebatan identitas walaupun kini sudah usai.

Sebagai negara serumpun, Indonenesia dan Malaysia kata Habibie harus bisa menjadikan satu posisi untuk tetap menjaga peradaban saat globalisasi semakin maju.

"Walaupun dulu ada bangsa beda, tapi baik Indonesia, Malaysia, Brunei dan Singapura tidak ada konflik satu sama lain," tukasnya.

Sumber: RMOL

Baca juga :