Praktisi Komunikasi Publik Sentil "Contekan" Tablet Presiden Jokowi


[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).

Di sosial media viral foto saat Presiden Jokowi berdialog dengan Sultan Brunei.

Yang membuat heboh warganet adalah penampakan sebuah Tablet di depan Jokowi. Layar Tablet ini tampak menyala (hidup) dan berisi tulisan-tulisan.

Dian Anggraeni Umar, seorang trainer dan praktisi komunikasi yang malang melintang di dunia kehumasan lebih 20 tahun (pernah mejadi PR Manager Sheraton Hotel) turut menyentil "contekan" Tablet ini.

Melalui akun facebooknya, Dian Anggraeni Umar memberi komentar:

"Kalau sedang berpidato atau presentasi di hadapan publik menggunakan medium seperti laptop, tablet atau teks masih sangat lazim dilakukan. Akan tetapi kalau sedang berdialog dengan lawan bicara secara privat, lalu kemudian salah seorangnya sangat bergantung pada medium, tablet misalnya. Membayangkan interaksi percakapannya akan seperti apa ya? 

Dialog itu kan diskusi, kekuatan pemikiran dari masing-masing personel akan terlihat disitu. Kalau salah seorang personel tidak menguasai substansi yang dibicarakan dan bersandar pada materi yang disiapkan oleh tim ahlinya apa iya dialog itu bisa berjalan dengan baik ya? 

Pada saat berdialog sebentar-sebentar melirik contekan di tablet, apa tidak riskan dan gagap ya? 

Kalau dalam konteks negosiasi atau sedang melobi, lawan bicara bisa dengan mudah menguasai percakapan dan memenangkan negosiasi. Lah wong dia sudah sangat siap untuk menembak sementara lawannya masih membaca teks dulu...

Bingung sama Pakde sudah empat tahun kok tidak paham juga berkomunikasi... 🙄"

Sumber: fb

Kalau sedang berpidato atau presentasi di hadapan publik menggunakan medium seperti laptop, tablet atau teks masih...
Dikirim oleh Dian Anggraeni Umar pada 4 Mei 2018