Mohamed Salah Di-Smackdown, Sergio Ramos di Wikipedia Berubah Jadi Sergio Gelut


[PORTAL-ISLAM.ID] Bagi suporter Liverpool, hanya ada dua pilihan sebagai 'kambing hitam' terkait kekalahan di final Liga Champions: Sergio Ramos atau Loris Karius.

Dalam pertandingan di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB, Liverpool takluk 1-3 dari Real Madrid. Dua dari tiga gol yang diciptakan Los Blancos tidak lepas dari blunder Loris Karius.

Tak sedikit pula yang meyakini bahwa kegagalan Liverpool mencetak lebih dari satu gol tidak lepas dari ketidakhadiran Salah. Penyerang Mesir ini ditarik keluar pada menit ke-30 akibat mengalami cedera. Penyebabnya adalah duel dengan Sergio Ramos tidak lama sebelumnya. Dan, lebih mengesalkan lagi buat pendukung The Reds lantaran Ramos tidak menerima hukuman sama sekali.

Oleh karenanya, Ramos menjadi target kritik dari penggemar Liverpool. Di Twitter bertebaran meme yang membandingkan aksi Ramos terhadap Salah dengan gerakan di ring gulat.

Tidak cuma itu, Wikipedia juga menjadi medium yang digunakan suporter Liverpool untuk melampiaskan kekecewaan kepada Ramos. Mereka mengubah sejumlah fakta dalam profil Ramos di Wikipedia, baik yang berbahasa Inggris maupun Indonesia/Melayu.

Ada orang yang mengubah nama Sergio Ramos menjadi Sergio Gelut. Kemudian, deskripsi tentang profilnya menjadi seperti berikut:

Sergio Ramos Gelut merupakan pemain gelut Sepanyol yang kini bermain untuk Real Madrid dan pasukan kebangsaan Sepanyol.

Jurus kuncian mautnya yang fenomenal terjadi saat melawan Liverpool di final UCL 2018. Ramos mengunci lengan Mohamed Salah sehingga mengakibatkan dislokasi lengan.

Kemudian, untuk versi bahasa Inggris, ada yang mengubah profil Ramos menjadi: Dia dikenal sebagai pemain yang sering mengasari lawan. Baru-baru ini, dia mendapatkan penghargaan pemain terbaik karena mematahkan tangan Mohamed Salah di final Liga Champions 2018.

Aksi suporter Liverpool terhadap profil wikipedia Ramos ini membuat pengelola Wikipedia Indonesia kesal. Mereka pun mengimbau suporter Liverpool agar menghentikan aksinya.

"Wikimin tahu rasanya apabila klub kesayangan Anda kalah di pertandingan, tetapi mohon untuk tidak melakukan pengerusakan terhadap artikel klub maupun salah satu pemainnya. Sungguh, tidak ada manfaatnya bagi Wikipedia maupun Anda sendiri yang melakukannya," bunyi pernyataan Wikipedia Indonesia, seperti dilansir Kumparan.

Di wikipedia Indonesia, profil Ramos sudah diperbaiki. Sementara di wikipedia Melayu/Malaysia masih tertera Sergio Ramos Gelut (https://ms.wikipedia.org/wiki/Sergio_Ramos).

[Video - Saat Mohamed Salah di-smackdown Ramos]