MAKJLEB! Kalajengking Hewan Berbahaya, Rocky Gerung: Diternak Presiden Saja


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ide yang dilontarkan Presiden Joko Widodo untuk mencari racun kalajengking sebagai cara cepat kaya mengundang reaksi keras publik.

Ide itu dilontarkan Jokowi pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrembangnas) dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin 30 April 2018.

Dalam pidato itu Jokowi memaparkan tentang komoditas yang paling mahal di dunia bukan emas, melainkan bisa kalajengking.


Jokowi menuturkan, bisa kalajengking ini berharga 10, 5 juta dolar AS per liter atau jika dirupiahkan mencapai Rp 145 miliar per liter.

Jokowi pun meminta para kepala daerah untuk mengumpulkan racun kalajengking jika ingin kaya, ketimbang harus mengkorupsi uang rakyat.

"Pak gubernur, pak bupati, pak walikota kalau mau kaya cari racun kalajengking," ujarnya.

Saran Jokowi untuk memperkaya diri dengan mengumpulkan dan menjual bisa kalajengking dinilai sebagai ide yang tidak wajar.

Bukan tanpa alasan, menurut ahli filsuf, Rocky Gerung, kalajengking adalah hewan liar yang berbahaya dan tidak mau diternak.

"Kalau si kalajengking mau diternak kan gak ada soal. Masalahnya kalajengking gak mau diternak," jelas dia ketika ditemui di Kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Rabu 2 Mei 2018.

Rocky mengatakan, adaptasi hidup kalajengking langsung menyatu dengan alam yang menjadi habitatnya. Sehingga hewan jenis ini, selain berbahaya, juga tidak mungkin diternak.

Walau begitu, dia mempersilakan kepada Jokowi jika ingin berinovasi dan mencoba membuktikan bahwa kalajengking bisa dijadikan hewan ternak.

"Jadi dia (kalajengking) enggak cocok buat diternakin. Diternak presiden (Jokowi) saja," demikian tutur Rocky.

Tanggapan lain pun datang dari Ardi Wirda Mulia.

Ardi yakin bahwa ide untuk mengumpulkan bisa kalajengking tak mungkin tercantum dalam teks pidato Jokowi.

Saran Jokowi ini pun menjadi bahan canda warganet. Seorang warganet pun mengunggah gambar kodok berekor kalajengking.

Unggahan gambar tersebut dikomentari singkat oleh Rocky Gerung.

Baca juga :