Lunasi Janji! Tepat Malam 1 Ramadhan, Anies Baswedan Lepas Saham Pabrik Bir PT Delta Milik Pemprov DKI


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya memutuskan untuk melepas 26,25% saham perusahaan pembuat bir, di PT Delta Djakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi pelepasan saham itu dilakukan malam ini, tepat pada malam pertama bulan suci Ramadan.

"Pemprov DKI Jakarta memastikan akan melepas 26,25 persen saham di perusahaan PT Delta Djakarta, perusahaan pembuat bir, jadi 26,25 itu kita pasti dilepas. Jadi ini bukan akan, tapi pasti dilepas," kata Anies pada jumpa pers di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/5), seperti dilansir CNNIndonesia.

Saat ini, dividen yang didapat dari PT Delta Djakarta yang rata-rata Rp38 miliar setiap tahunnya. Namun jika saham dijual, maka akan ada dana segar didapat sebesar Rp1 triliun.

Sementara jika ingin mendapatkan deviden Rp1 triliun, Pemprov DKI harus menunggu lebih dari 30 tahun lagi.

"Kalau kita mau mendapatkan Rp1 triliun dengan mempertahankan saham di Delta, mungkin kita perlu 30 tahun lebih, baru bisa dapat angka satu triliun," ucapnya.

Anies menjelaskan proses pelepasan saham Pemprov DKI Jakarta di perusahaan produsen Anker Bir ini tinggal menunggu proses di konsultan dan persetujuan DPRD.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini begitu yakin DPRD bakal meloloskan gagasan melepas BUMD yang menyumbang dividen Rp40 miliar kepada Pemprov DKI Jakarta tersebut.

"Insyaallah, insyaallah disetujui. Terima kasih, selamat puasa," ucap Anies singkat seraya meninggalkan para wartawan yang meliput pernyataannya tersebut.

Tepati Janji Kampanye

Dalam masa kampanye di Pilkada DKI 2017, Anies-Sandi memang menjanjikan akan melepas saham di perusahaan produsen minuman beralkohol tersebut. Dalam janjinya, Anies menyebut akan menjual saham pemprov di perusahaan bir itu jika terpilih dan uang hasil penjualan akan digunakan membangun fasilitas publik.

Janji dan Realisasi Anies ini terbilang cukup berani karena Pemprov DKI sudah 41 tahun sejak tahun 1967 menjadi pemegang saham terbesar di PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) yang memproduksi Anker Bir, Carlsberg, San Miguel, dan Stout.

Berkah Ibukota dipimpin Gubernur Muslim yang amanah...

Maju Kotanya, Bahagia Warganya.


Baca juga :