Isu Kudeta Kerajaan Saudi Makin Panas, Putra Mahkota Dikabarkan Tewas


[PORTAL-ISLAM.ID] SAUDI - Kerajaan Arab Saudi merilis foto putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) saat memimpin rapat pada Selasa (22/5/2018) waktu setempat. Foto ini dikeluarkan di tengah spekulasi liar yang menyebut MBS telah ditangkap atau tewas dalam upaya kudeta pada April lalu. Desas desus MBS disekap dan dibunuh dihembuskan media di Iran, Kayhan dan Rusia, Sputnik yang mengutip Kayhan.

Isu ini merebak karena MBS sudah tidak pernah menunjukkan batang hidungnya sejak 21 April lalu. Media Iran langsung berbon­dong-bondong memberitakan ada upaya kudeta kepada MBS.

Saat itu, suara tembakan di­laporkan terdengar di dalam kom­pleks Istana Saudi. Media Iran memberitakan bahwa saat itu se­dang ada upaya kudeta. Sedangkan kepolisian Saudi melalui kantor berita SPA mengklarifikasi isu kudeta yang beredar, dengan menyatakan suara tembakan itu merupakan aksi petugas keaman­an Istana Saudi saat menembaki drone misterius yang mendekati kompleks istana.

Namun laporan media Iran, Kayhan menyebut MBS ditang­kap atau tewas dalam kudeta saat itu. Laporan ini tidak bisa diklarifikasi kebenarannya.

"Setidaknya dua peluru menge­nai bin Salman dalam bentrokan 21 April di Riyadh dan bahkan mungkin saja dia (MBS) tewas," sebut laporan Kayhan saat itu.

Kayhan melontarkan spekula­si ini sembari mencurigai absen­nya MBS dalam foto bersama Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo yang berkunjung ke Riyadh untuk pertama kali pada akhir April lalu. Hanya Raja Salman dan Menlu Saudi, Adel al-Jubeir, yang berfoto dengan Pompeo.

"Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa absennya Mohammed bin Salman, Putra Mahkota Arab Saudi, selama nyaris 30 hari disebabkan karena sebuah insiden yang disembu­nyikan dari publik," klaim Kay­han dalam laporannya.

Spekulasi Kayhan dan media-media lain soal MBS ditangkap atau tewas itu dimentahkan oleh foto terbaru yang dirilis SPA. Tidak hanya itu, juru bicara kantor pers Putra Mahkota Saudi juga memposting foto MBS se­dang memimpin rapat via akun Twitter-nya.

Dilansir media Pakistan, Geo TV dan media Inggris, Daily Mail, foto terbaru MBS itu diri­lis melalui kantor berita Saudi, Saudi Press Agency (SPA), Se­lasa (22/5) waktu setempat.

Disebutkan dalam foto itu bahwa MBS sedang memimpin rapat Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan.

Media lokal Saudi, Arab News, dalam laporan yang mengutip SPA melaporkan bahwa rapat yang dipimpin MBS ini digelar di Istana Al-Salam di Jeddah.

MBS diketahui merupakan chairman dari Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan Saudi, yang bertugas mengkaji isu-isu ekonomi dan pemban­gunan.

Disebutkan juga oleh SPA bahwa MBS sempat menelepon Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, yang sedang dirawat di rumah sakit karena komplikasi usai menjalani operasi ringan, pekan lalu.

MBS menelepon Abbas untuk mengetahui kondisi kesehatan­nya. Tidak hanya itu, SPA juga menyebut bahwa MBS meng­hadiri sesi rapat kabinet yang juga dihadiri Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. (RMOL)

Baca juga :