Fahri Hamzah: Usut Semua Penanggung Jawab Tragedi "Sembako Maut", Ini Pidana!


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mendesak pihak aparat mengusut tuntas kematian dua bocah di acara Forum Untukmu Indonesia di Monas, Jakarta Pusat yang diduga akibat terinjak-injak saat pembagian sembako.

"Bagaimana orang bisa ngumpul disitu? Siapa yang bagi sembako? Uangnya dari mana? Ijinnya bagaimana? Semua bertanggung jawab dari hulu ke hilir," ujar Fahri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, seperti dilansir detikcom.

"Kita harus adil melihat persoalan, bagaimana bisa ada peristiwa yang masih misterius, ini peristiwa apa sebetulnya? Tiba-tiba ada orang dibagiin kupon, lalu orang itu datang berduyun-duyun dalam jumlah yang sangat besar, desak-desakan, tidak ada pengaturan lalu ada yang meninggal," lanjutnya.

Menurut Fahri, kematian bocah itu merupakan peristiwa pidana.

"Ini rentetannya harusnya masuk sebagai peristiwa pidana, datang ke Monas kumpulin orang, bagi sembako pasti orang rebutan. Jumlahnya tidak terkontrol, siapa yang tanggung jawab? Faktanya sekarang ada orang yang meninggal," sambungnya.

Fahri kemudian menyinggung soal persekusi terhadap Susi Ferawati dan anaknya saat kegiatan di car free day Bundaran HI pada Minggu (29/4) lalu. Menurutnya, insiden kematian bocah merupakan persoalan lebih serius daripada persekusi.

"Ini (kasus kematian 2 bocah) lebih berat dong, kita ini kadang-kadang aneh berpikirnya, orang dipersekusi pakai uang (dikibas-kibasin uang di mukanya) kita ribut satu dunia, orang yang dipersekusi pakai parang, tombak, anak panah kita diem aja gitu, harus adillah dari awal fikiran kita," tuturnya.

Menurut Fahri, polisi harus mengusut tuntas kematian bocah itu. Polisi juga diminta menyelidiki tujuan dari kegiatan pembagian sembako tersebut.

"Karena itu pengusutannya harus tuntas, ini siapa ini, acara apa gitu," tandasnya.

[Video - Pernyaan tegas Fahri Hamzah usut Tragedi Sembako Maut]