Dana Haji Rp 13 Triliun untuk Biayai Proyek PINA, Warganet: "Agamanya dimusuhi, Duitnya diembat"


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - CEO Center for Private Investment (PINA) Ekoputro Adijayanto mengatakan, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengalokasikan dana Rp 13 triliun untuk investasi proyek-proyek pembangunan di dalam negeri yang akan difasilitasi oleh PINA.

"Alokasinya Rp 13 triliun untuk tahun ini, sesuai dengan PP Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Haji kan," ujar Eko saat ditemui di kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (22/5).

Eko menuturkan, BPKH pada bulan lalu telah menandatangani nota kesepahaman dengan PINA. BPKH menunjuk PINA untuk mencarikan proyek-proyek yang imbal hasilnya baik, tetapi risikonya juga relatif terjaga dengan baik.

"Karena ini kan dana umat, jadi kita sangat menekankan risiko ini menjadi perhatian penting," kata Eko.

Ia mengatakan, Unit Tim Fasilitasi PINA bersama pengurus BPKH kini tengah mengkaji 23 proyek yang akan menjadi tempat investasi dana umat tersebut, mulai dari sektor perkebunan hingga infrastruktur seperti jalan tol atau pelabuhan.

Link: http://republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/18/05/23/p94yr9383-dana-haji-rp-13-triliun-untuk-biayai-proyek-pina

***

Alokasi Dana Haji Rp 13 Triliun untuk Biayai Proyek PINA ini dipertanyakan sejumlah pihak.

"Apakah sdh minta izin dg para calon haji yg punya dana?" tanya Wakil Ketua DPR Fadli Zon di akun twitternya.

"Dicaci radikalis...dituding intoleran... dicap anti pancasila....tapi dananya dipakai juga...☺☺," komen @kang__dhika.

"Agama islam dimusuhi, duitnya di embat juga, heran," kata @Rahmatsyah5577.

"Pas peresmian hasil infrastruktur nya, ntar ada yg bilang "yg ga milih pakde ga boleh lwt jalan tol nya, ga boleh pake hasil pembangunan nya" lha duit bt bangun nya trnyata uang kita2 jg. Klopun duit utang LN yg bayar ya kita2 jg, rakyat indonesia tnp kecuali. Aneh," ujar @ZafiraMay.

‏Ada juga yang gak ikhlas dana hajinya dipakai.

"Lah ada duit tabungan saya juga loh itu.
Gak ikhlas saya, Dana tabungan Haji dibuat nalangi proyek.
Wallahi gak ikhlas," kata @evi_sufiani.