Daging Dan Telur Ayam Selangit, Mendag Kerja Apa?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Penjabat Wali Kota Bekasi, Ruddy Gadakusumah menegaskan bahwa daging dan telur ayam mengalami kenaikan harga yang paling signfikan dibandingkan komoditi lain menjelang Ramadan 1439 Hijriyah.

"Kita lihat pasokan banyak, namun harga masih relatif tinggi. Biasanya harga ayam di kisaran Rp30.000, sekarang Rp38.000 per perekor, telur ayam dari semula Rp22.000 per kilogram, kini tembus Rp26.000 per kilogram," kata Ruddy di Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 9 Mei 2018.

Hal itu disampaikan Ruddy saat meninjau Pasar Kranji Baru, Kecamatan Bekasi Barat untuk mengecek fluktuasi harga sembako jelang Ramadan dengan didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi Makbullah dan sejumlah staff.

Ruddy mengatakan, harga bahan pokok lain seperti komoditi beras, cabai, daging dan ikan yang masih relatif stabil.

"Harga daging ayam dan telur ayam yang paling mencolok kenaikannya hari ini," katanya.

Dalam agenda tersebut Ruddy sempat menanyakan kepada para pedagang perihal kenaikan harga tersebut.

"Saat saya tanya pedagang, harga ini naik memang dari faktor distribusi dan para peternaknya. Pedagang pun ingin harga turun biar cepat laku," katanya.

Ruddy mengatakan pengawasan harga kebutuhan pokok juga dilakukan secara masif di seluruh pasar tradisional dan modern oleh tim khusus yang telah dibentuk.

"Tim Satgas Pangan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) juga turun guna memastikan harga pokok tetap stabil sebelum masuknya bulan puasa," katanya.

Kegiatan rutin setiap menjelang puasa itu dilakukan pihaknya guna mengantisipasi adanya oknum pedagang yang menimbun kebutuhan bahan pokok masyarakat untuk kepentingan pribadi.

"Kalau ada yang memainkan harga dengan sengaja dan menyengsarakan warga, kita tidak tinggal diam," kata Ruddy.
Baca juga :