Anis Matta: Belajar dari Kemenangan Oposisi Malaysia

(Muhammad Anis Matta dan Mahathir Mohamad) 

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Calon Presiden dari PKS Muhammad Anis Matta mengucapkan selamat kepada Mahathir Mohamad dan partner oposisinya Anwar Ibrahim yang baru saja memenangkan pemilu Malaysia.

"Hasil pemilu Malaysia menunjukkan jika oposisi bersatu, incumbent yang sangat kuat pun bisa ditumbangkan," ujar Anis Matta yang mengamati dari dekat kampanye dan pemilu di negara tetangga tersebut, Kamis (10/5/2018).

Mahathir yang didukung kubu koalisi Pakatan Harapan baru saja diumumkan oleh lembaga penyelenggara pemilu Malaysia sebagai pemenang. Mereka memperoleh 121 kursi dan telah melampaui syarat untuk membentuk pemerintahan sebanyak 112 kursi.

"Jika kita bersatu, mempunyai tekad kuat dan bisa merebut dan memenuhi hati rakyat, tidak ada yang tidak mungkin bisa kita lakukan. Masyarakat Malaysia sudah menunjukkan hal itu," tegas Anis.

Pemilu Malaysia dalam penilaian Anis merupakan bukti bahwa kehendak rakyat akan adanya perubahan, tidak bisa dibendung. Kuncinya diperlukan figur kuat yang bisa menyatukan berbagai kepentingan. Dan itu terdapat pada figur Mahathir dan Anwar. Dua tokoh ini dulu pernah berduet sebagai PM dan Wakil PM. Namun mereka kemudian berpisah jalan dan menjadi seteru politik.
Sekarang untuk Malaysia yang lebih baik, keduanya bersatu.

"Di Indonesia gelombang perubahan seperti di Malaysia juga sangat terasa, tinggal bagaimana hal itu dipersatukan," tutup mantan Presiden PKS ini.