Anies: Program Sister Kampung Jakarta, Dimulai Dari Bulan Ramadhan


[PORTAL-ISLAM.ID]  Program pembagian makanan di 233 Rukun Warga di Jakarta selama bulan Ramadhan merupakan awal dari program "Sister Kampung" dalam menata pemukiman kumuh.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan harapan pihaknya melalui program pembagian makanan selama bulan Ramadhan di Masjid dan Musholla ini adalah untuk menumbuhkan kerjasama dan kepedulian antar kampung yang kurang mampu dengan kampung yang sudah mapan atau mampu.

"Kita tidak ingin ada warga yang merasakan lapar di ibu Kota. Kita mulai sekarang di bulan puasa dengan menyiapkan buka puasa bagi semua. Dan sekarang dimulai dari RW yang masuk kategori padat, masyarakatnya mayoritas miskin dan jumlahnya kira-kira lebih dari 223 RW. Karena itu pada kesempatan ini, saya ingin sampaikan apresiasi pada teman-teman yang sudah merespon positif. Dan kita ingin ini menjadi gerakan," ujar Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa 15 Mei 2018.

Anies menjelaskan program "Sister Kampung" yang dimaksud adalah bantuan-bantuan dari RW yang berkecukupan kepada RW yang masih kurang kesejahteraanya.

Dengan demikian, bantuan dari RW yang mampu ini dapat mengurangi beban dari RW yang berkekurangan dimulai dari bulan Ramadhan sampai selanjutnya.

Menurutnya, lewat bulan Ramadhan ini adalah gerbang dalam membangun konsep "Sister Kampung".

"Saya pernah uji coba beberapa tempat, hampir semua merespon positif. Kalau kami punya sister kampung, kami akan senang sekali. Karena mereka punya alamat yang jelas untuk dituju. Nah ini bibitnya," tutup Anies.