Wow! Aksi '2019 Ganti Presiden' di Depan Kampus UGM


[PORTAL-ISLAM.ID] YOGYAKARTA - Aksi damai #2019GantiPresiden terjadi di Bundaran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Senin (23/4/2018) siang.

Puluhan massa tersebut dalam aksinya mengenakan kaos bertuliskan #2019GantiPresiden. Selanjutnya, mereka membagikan bunga mawar merah secara gratis kepada warga dan pengguna jalan yang lewat.

Koordinator aksi, R Zulkarnaen menjelaskan, puluhan pemuda yang mengadakan aksi adalah mereka yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Sayang Indonesia. Komunitas tersebut, kaya Zulkarnaen adalah kumpulan pemuda di Yogya.

"Kami menganggap bahwa situasi yang melanda bangsa Indonesia ini membutuhkan terobosan-terobosan dan perubahan-perubahan," jelas Zulkarnaen kepada wartawan di sela aksi, Senin (23/4/2018), seperti dikutip detikcom.

Zulkarnaen menambahkan, permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini sangat kompleks. Untuk menyelesaikan berbagai persoalan tersebut dibutuhkan sosok pemimpin yang kuat.

"Karena itu, perubahan kepemimpinan menjadi sebuah prasyarat penting bagi bangsa Indonesia untuk dapat keluar dari permasalahan-permasalahannya," ungkapnya.

"Kami menilai kepemimpinan nasional yang ada sekarang ini tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan bangsa," lanjutnya.


Menurutnya, Komunitas Pemuda Sayang Indonesia merasa terpanggil untuk merespon berbagai persoalan bangsa yang tak kunjung terpecahkan. Oleh karenanya, mereka memutuskan melakukan aksi damai.

"Aksi damai yang kami adakan adalah bentuk keprihatinan kami terhadap kemampuan kepemimpinan nasional di dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan bangsa," ucap Zulkarnaen.

"Aksi damai ini juga diharapkan dapat menggugah kesadaran dari sesama kaum muda Yogyakarta terhadap situasi negeri yang membutuhkan perhatian dan partisipasi kaum muda sebagai agen perubahan," tutupnya.