Umat Hindu Tamil: Penerapan Syariat Islam di Aceh Sangat Menghormati Toleransi


[PORTAL-ISLAM.ID] Penerapan Syariat Islam kerap dituding dengan stigma negatif: intoleran, radikal, tidak menghormati perbedaan, tidak Bhinneka Tunggal Ika, dll.

Namun stigma negatif itu ternyata sangat bertolak belakang dengan realita. Salah satu contoh nyata adalah penerapan Syariat Islam di Nanggroe Aceh Darussalam.

Hal ini disampaikan oleh Umat Hindu Tamil, yang merasakan langsung toleransi sangat tinggi di Aceh yang menerapkan Syariat Islam.

Seperti dilansir BBC Indonesia, ratusan orang umat Hindu etnis Tamil menggelar ritual Pangguni Uthiram yang berarti hari kemenangan bagi Dewa Muruga.

Suasana di Kuil Palani Andawer, yang terletak di tengah kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Minggu (08/04/2018) itu, begitu sesak. Ratusan orang umat Hindu Etnis Tamil secara silih berganti memasuki kuil untuk melakukan ritual peribadatan.

Rangkaian kegiatan hari kemenangan sudah dimulai sejak Jumat (06/04), sampai puncak peringatannya pada hari Minggu (08/04) pagi.

Gelaran ritual umat Hindu ini berlangsung semarak. Yang menarik, acara ini berlangsung di Banda Aceh, ibukota provinsi yang menarapkan syariat Islam dengan sangat keras.

Pinandita atau pimpinan kuil Palani Andawer, Rada Krisna, mengatakan pihaknya tidak mengalami kesulitan dari otoritas pemerintah kota Banda Aceh, untuk menggelar acara ini. Mereka justru mendapatkan bantuan pengamanan selama ritual keagamaan ini dilangsungkan.

"Orang India sudah ada di Aceh sejak Indonesia belum merdeka, bahkan kuil yang kami miliki sudah ada sejak tahun 1934," ujar Rada Krisna, seperti dilaporkan wartawan di Aceh, Hidayatullah, untuk BBC Indonesia.

Dalam ritual keagamaan itu, tidak hanya melibatkan etnis Tamil asal Aceh dan Sumatera Utara, tetapi juga dihadiri puluhan etnis tamil asal Malaysia.

Mereka adalah Mises Putea dan Vini yang mengaku datang ke Banda Aceh khusus untuk melakukan ritual peribadatan Pangguni Uthiram.

"Kami tidak menyangka ada kuil Hindu di negeri syariat Islam," kata salah-seorang diantaranya, seraya tersenyum.

Link: http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-43689468

***

BEGITULAH SESUNGGUHNYA ISLAM SANGAT MENGHORMATI AGAMA LAIN

Bukan saja dalam masa damai, bahkan dalam Peperangan syariat Islam melarang menghancurkan rumah-rumah ibadah agama lain.