Setelah BIKIN GADUH, Sukmawati Akhirmya Minta Maaf Sambil Sesenggukan


[PORTAL-ISLAM.ID]  Sukmawati Soekarnoputri, adik kandung Ketum PDI P Megawati Soekarnoputri akhirnya meminta maaf setelah sempat memicu kegaduhan melalui puisi "Ibu Indonesia".

Puisi yang diklaim diciptakannya sendiri itu memicu kegaduhan setelah dibacakan dalam gelaran Jakarta Fashion Week memperingati 29 tahun kiprah Anne Avantie, Kamis, 29 Maret 2018.

Puisi tersebut viral dan dikecam tak hanya oleh kalangan Islam namun juga oleh umat non muslim yang merasa bahwa upaya membandingkan dan mempertentangkan agama dengan kebudayaan tidaklah tepat. Apalagi dalam puisi tersebut, Sukma menyebut bahwa budaya lebih elok ketimbang agama.

Katena dilaporkan oleh berbagai kalangan, maka Sukma pun didesak oleh banyak pihak termasuk Menteri Agama dan PDI P untuk minta maaf.

Akhirnya, Sukma pun menggelar konferensi pers untuk secara terbuka dan resmi memohon maaf atas puisi yang dinilai telah menodai Islam tersebut.

Konferensi pers digelar di Kafe Warung Daun, kawasan Cikini Jakarta, Rabu, 4 April 2018.

Ada 5 poin yang disampaikan Sukma dlaam konferensi pers ini, dan permintaan maaf itu merupakan poin kelima.


"Dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon maaf lahir dan batin, kepada umat Islam Indonesia," ujar Sukmawati sembari sesenggukan.