MAKJLEB! Sindir Jokowi, Yusril: Negara Lain Butuh TKI, Kita Tidak Butuh TKA!


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan isu TKA digunakan untuk kepentingan politik. Hal itu dikatakan Jokowi saat pelepasan ekspor mobil Xpander Mitsubishi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu 25 April 2018.

“Ya jelas saja, ini perusahaan Jepang. Masa perusahaan Jepang akan pekerjakan TKA dari Tiongkok. Coba resmikan perusahaan Cina, pastikan berapa tenaga kerjanya yang lokal dan yang didatangkan dari Tiongkok,” tulis Yusril di akun Twitter pribadinya, Rabu 25 April 2018.

Menurut Ketua Umum Partai Bulan Bintang itu, presiden berulangkali mengatakan bahwa ada yang komplain bahwa prosedur perizinan TKA berbelit-belit, sehingga diperlukan Perpres baru untuk memudahkannya.

“Sejujurnya, siapa yang komplain itu Pak Presiden? Kita ini melayani siapa, bangsa sendiri atau melayani siapa?” ujar Yusril.

Kuasa Hukum KSPI ini menegaskan, Pemerintah selalu saja berdalih ada jutaan TKI kerja di Luar Negeri, namun negara lain tidak protes. Menurut Yusril, mereka tidak protes karena mereka butuh TKI.

“Kita protes karena kita tidak butuh TKA. Disini msh banyak yg miskin dan nganggur, untuk apa TKA?” tegas Yusril.