BEDA ADAB dengan Jokowi, Video Kim Jong Un dan Moon Jae-in TAK LEMPAR SEKOP Bikin HEBOH Warganet


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pertemuan pertama pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dan pemimpin Korea Selatan, Moon Jae-in, menggegerkan seluruh dunia.

Pertemuan dua pemimpin Korea yang diharapkan bisa membawa perdamaian dan kesatuan bagi warga semenanjung Korea tersebut diamati secara serius. Terutama pada saat kedua pemimpin tersebut berada di lokasi penanaman pohon perdamaian.

Pohon perdamaian yang ditanam pada tahun 1953,  menandai ditandatanganinya gencatan senjata untuk perang Korea, menjadi salah satu lokasi pertemuan kedua pemimpin Korea pada Jumat, 27 April 2018 yang berhasil mencuri perhatian seluruh warga dunia, termasuk warga Indonesia.

Kedua pemimpin tersebut menggenggam sekop dan saling bertukar tanah. Tanah yang dibawa Kim Jong Un berasal dari pegunungan di bagian selatan Pulau Jeju. Sementara Moon Jae-in menggunakan tanah yang berasal dari gunung Paektu.

Di lokasi bersejarah itu pun akhirnya terpancang sebuah plakat bertulis "peace and prosperity planted",  nama kedua pemimpin Korea tersebut dan tanggal bersejarah yang disebut-sebut akan menjadi tonggak baru perdamaian Korea.

Video kedua pemimpin Korea yang memindahkan tanah dengan sekop tadi menjadi perbincangan warganet Indonesia setelah sebuah akun mengunggah video tersebut ke Twitter.

Dalam video tersebut, nampak baik Kim maupun Moon sebagai pemimpin dari 2 negara yang disegani dunia, menancapkan sekop setelah usai digunakan.

Hal ini berbeda jauh dengan adab Jokowi saat menggunakan sekop beberapa waktu lalu.

Tak seperti Kim Jong Un maupun Moon Jae-in yang menancapkan sekop, Jokowi malah melemparkan sekop tersebut usai menggunakannya.

Akibatnya, Jokowi pun banjir kecaman publik yang menganggapnya tak mampu menunjukkan adab yang baik sebagai seorang kepala negara.

Video adab kedua pemimpin Korea dalam menggunakan sekop tersebut akhirnya menggelitik seorang warganet yang mencoba membandingkan Jokowi dengan Kim Jong Un dan Moon Jae-in.

Ia pun mengunggah video singkat saat Jokowi melemparkan sekop usai menggunakannya.



Perbedaan yang mencolok itu pun akhirnya memicu komentar geli warganet.





Baca juga :