[BUKTI VIDEO] Pengakuan Politisi PDIP Ribka Tjiptaning Aku Bangga Jadi Anak PKI, PKI Berpihak Pada Rakyat


[PORTAL-ISLAM.ID] Sidang kasus ustadz Alfian Tanjung kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Rabu (28/3/2018), kemarin.

Ustadz Alfian Tanjung ditetapkan sebagai tersangka setelah dilaporkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam kasus fitnah dan pencemaran nama baik terhadap PDIP yang dikaitkan dengan PKI.

Dalam sidang kemarin, Pakar Hukum Tata Negara Prof. Yusril Ihza Mahendra hadir memberikan keterangan sebagai saksi ahli.

Yusril mengatakan terdapat cukup alasan bagi pengadilan untuk membebaskan Ustadz Alfian dari segala dakwaan atau melepaskannya dari segala tuntutan hukum karena perbuatan Ustadz Alfian Tanjung bukanlah tindak pidana.

Yusril menambahkan, andaikata fitnah dan pencemaran nama baik yang dilakukan Alfian itu memang ada, tetapi Alfian melakukannya dalam konteks kepentingan umum, maka menurut Pasal 310 ayat 3 KUHP sifat pidananya menjadi hilang. Dengan demikian, jika dalam sidang dapat dibuktikan unsur kepentingan umum itu, Alfian bisa dibebaskan atau setidak-tidaknya dilepaskan (ontslaag) dari segala dakwaan.

Ustadz Alfian memang mempersoalkan ucapan-ucapan Ribka Tjiptaning (Anggota DPR-RI dari PDIP) baik dalam buku 'Aku Bangga Jadi Anak PKI' dan pernyataan Ribka bahwa ada sekitar 20 juta keturunan PKI yang kini bernaung dan menyalurkan aspirasi politiknya melalui PDIP.

Sementara itu, dalam sidang sebelumnya pada 7 Februari 2018, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebutkan kader PDIP tidak ada yang mempunyai ideologi komunis atau PKI. Apabila ada yang bergabung dengan komunis, kader PDIP akan dipecat.

"Yang Anda ketahui, ada tidak anggota atau kader partai Anda bergabung dengan PKI?" tanya hakim dalam sidang terdakwa Alfian Tanjung di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Rabu (7/2/2018).

"(Jadi) anggota partai politik lain saja saya pecat, apalagi menjadi anggota komunis," jawab Hasto ketika bersaksi, seperti dilansir detikcom.

NAMUN... dalam sebuah video yang merupakan rekaman tayangan televisi nasional (Lativi, yang sekarang ganti nama jadi tvOne), politisi PDIP Ribka Tjiptaning mengakui bangga sebagai anak PKI. PKI juga disebutnya berpihak pada rakyat tertindas. Ada 15-20 juta anak turunan PKI yang menyalurkan suaranya ke PDIP.

Ribka Tjiptaning juga menuding TNI khususnya Angkatan Darat adalah pihak yang bersalah dalam peristiwa G30S/PKI.

Ribka Tjiptaning Proletariyati adalah politisi senior dan petinggi di PDIP. Tjiptaning sudah menjadi kader PDIP sejak lulus dari kuliah kedokteran dengan aktif di organisasi sayap muda PDIP.

Ribka Tjiptaning Proletariyati terpilih kembali ketiga kalinya menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk Dapil Jawa Barat IV.

Berikut rekaman videonya.

[video1]


[video2]


[video3]