Usung 3 Sosok Ini, Koalisi Poros Tiga Berpeluang Menangi Pilpres 2019


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Poros ketiga koalisi parpol bisa memenangkan Pilpres 2019 jika mengusung tokoh yang tepat.

Presidium Persatuan Pergerakan, Andrianto menyambut positif wacana koalisi poros ketiga yang belakangan ini mengemuka.

"Poros ketiga di luar Jokowi dan Prabowo bisa jadi alternatif yang menarik buat publik kita," katanya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Senin (19/3).

Apalagi, lanjut Andrianto, hasil berbagai survei tingkat elektabilitas baik petahana Presiden Jokowi maupun Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto tak lebih dari 50 persen. Artinya, masyarakat Indonesia ingin sosok baru sebagai presiden mendatang.

"Bila saja poros tiga ini tampil kan Gatot (mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo), Anies (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan), dan Rizal Ramli (aktivis dan ekonom senior), sangat berpeluang untuk menang," pungkasnya.

Pilpres 2019 akan digelar serantak dengan Pileg 2019 pada 17 April 2019.

Khusus Pilpres, pendaftaran calon presiden dimulai pada 4-10 Agustus 2018. Lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan pada 5-13 Agustus 2018.

Sesuai UU Pemilu 2019 yang diputuskan, ambang batas (presidential threshold) mengusung capres bagi parpol sebesar 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara nasional. Perolehan suara ini merujuk hasil Pemilu 2014.  (RMOL)