Survei SMRC: Ridwan Kamil-Uu 43,7%, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 30,7%


[PORTAL-ISLAM.ID] Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei elektabilitas kandidat dalam Pilgub Jawa Barat 2018. Hasilnya, pasangan calon Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum unggul dalam survei.

"Jika Pilgub Jawa Barat diadakan saat survei, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum unggul dengan 43,7%, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 30,7%, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 4,6%, Tb Hasanuddin-Anton Charliyan 2,8%, tak menjawab 18,2%," ucap Direktur Riset SMRC Deni Irvani, dalam paparan di Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Data didapat dari survei terhadap 801 orang pada 1-8 Maret 018 yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Responden diwawancarai tatap muka. Margin of error +/- 3,5% pada tingkat kepercataan 95%.

"Ridwan Kamil lebih dipilih karena dia dinilai punya kualiitas personal yang lebih positif dibanding calon lain," tuturnya.

Tak hanya itu, menurutnya Wali Kota Bandung itu dalam berbagai citra kepribadian dinilai lebih unggul dibanding Deddy Mizwar. Misalnya dari segi kejujuran, perhatian kepada masyarakat,, mampu memimpin, pintar, kreatif dan lainnya.

Faktor lain yang mempengaruhi elektabilitas Emil adalah penilaian atas kinerja Wagub Deddy Mizwar. Warga yang puas dengan kinerja Sang Naga Bonar itu hanya 46,2%.

"Ini ikut menjelaskan mengapa Deddy Mizwar tidak unggul bila pilkada diadakan sekarang," ucap Deni.  (Kumparan)