SEMUA ADA BATASNYA


SEMUA ADA BATASNYA

Oleh: Ustadz Komiruddin Imron, Lc
(Ketua DSW Lampung)

Wahai, merpati terbanglah setinggi-tingginya. Tembuslah awan putih, namum kau harus ingat bahwa sekuat apapun sayapmu tetap ada batasnya.

Wahai, ikan yang menyelam, selami samudera sedalam-dalamnya. Tembuslah kegelapan laut yang biru, namun kau harus ingat, sepandai apapun kau menyelam, tatap ada batasnya.

Wahai, mentari yang bersinar, sinari alam semesta seluas-luasnya. Tembuslah lebatnya hutan dan dalamnya lembah, namun kau harus ingat, setajam apapun sinarmu tetap ada batasnya.

Wahai para penguasa yang sedang bertahta, berbuatlah sesukamu. Lakukan apa yang kau mau, namun kau harus ingat sebesar apapun kekuasaanmu tetap ada batasnya.

Wahai para pemilik dunia, kerjakan apa yang kau suka. Bangun apa yang kau inginkan, namun kau harus ingat sebanyak apapun hartamu pasti ada batasnya.

Wahai para politisi, berbicaralah sesuka hatimu. Tentukan kebijakan sesuai obsesimu, tapi kau harus ingat selama apapun kau menjabat tetap ada batasnya.

Mereka yang cerdas adalah mereka yang selalu berfikir apa yang didapatkan di ujung perjalanan dari pengembaraan yang panjang.

Natar, Jum'at 9 Maret 2018