MANTAP! Turki Bantu Renovasi Masjid Tertua di Chile


[PORTAL-ISLAM.ID]  Sebuah masjid di ibukota Chile, Santiago sedang direnovasi atas bantuan lembaga amal Turki. Renovasi Masjid tertua di Chile ini dilakukan atas perintah langsung dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Dilansir Daily Sabah, Sabtu , Masjid As-Salam dibangun pada 1989. Masjid ini sudah lapuk dimakan usia sehinga dinding eksterior, aula shalat, dan fasilitas lainnya sangat memerlukan pemugaran.

Erdogan mengunjunginya pada 2016 lalu dan memerintahkan renovasi segera. Menurut siaran pers Turkish Cooperation and Coordination Agency (TIKA), perbaikan dikerjakan pada seluruh komponen masjid.

"Mulai dari bagian luar, aula utama, atap dan lanskap lainnya sedang direnovasi," katanya.
Sebuah upacara menandai selesainya renovasi dihadiri oleh sejumlah petinggi, termasuk Duta Besar Turki untuk Chile, Glin Diner. Selain itu, tampak Kepala Departemen TIKA Asia Tenggara dan Timur, Pasifik dan Amerika Latin, Rahman Nurdun, Kepala masyarakat Muslim Santiago, Kemal Sufan, administrator masjid juga pemimpin komunitas Muslim.

"Turki adalah harapan umat Islam di seluruh dunia," kata Sufan dalam sebuah pidato di acara tersebut.

Dinc juga mengatakan bahwa bantuan ini bukan satu-satunya dari Turki. Bantuan untuk Muslim di Chile akan terus berlanjut.