Kartunis Jepang Kembali Sindir Proyek Kereta Cepat, Sulit Mendapatkan Lagi Kepercayaan Ketika Khianat


[PORTAL-ISLAM.ID] Kartunis Jepang, Onan Hiroshi kembali menyindir proyek kereta cepat. Walau tidak seperti kartun-kartun sebelumnya yang gamblang menampilkan gambar Jokowi-Presiden China dan PM Jepang, namun kartun terbaru ini oleh warganet langsung diasosiasikan dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang dibangun oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam kartun yang diposting di akun twitternya kemarin (Minggu, 11/3/2018), Hiroshi tetap menyindir proyek kereta cepat.

Hiroshi menggambarkan Jepang sudah terlebih dahulu memberikan penawaran ($99) dan hasil kajian (sample), namun sample tsb malah diberikan ke pihak lain (China) karena tawaran harga murah yang menggiurkan ($39). Namun ternyata sampai sekarang proyek itu mangkrak. Dan ketika balik ingin menjalin kerjasama lagi tentu ditolak.

Dalam 'caption'nya, Hiroshi menyebut sangat sulit mengembalikan kepercayaan ketika kamu telah kehilangan kepercayaan itu karena 'berkhianat'.

"It's hard to get back the trust once you loose it.. in japan business setting. Nobody doesn't really seem to want to trade, for lost trust man. in japan business. come lacerant future..."

Kartun ini ramai mendapat tanggapan netizen.

"Cecebong Baper, lgsg sensi lagi. Wkwkwk," komen @MJLesmana.

"It was also a reference to imported toys scandal in our country. Shamefulll," ujar @nafiskabsmg.

"Ternyata bapak itu tidak saja kehilangan kepercayaan rakyatnya sendiri tapi juga bangsa lain. #Pemimpin tidak amanah," komen @KartaJaya9.